KELAYAKAN NOVEL BUMI CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY SEBAGAI BAHAN AJAR SMA

Wahyu Hidayat, Muhammad Fuad, Munaris Munaris

Sari


The problem in this research is how the students’ response to Bumi Cinta novel written by  Habiburrahman El Shirazy. This research aimed to describe students’ response to Bumi Cinta novel and the appropriateness to Bahasa dan Sastra Indonesia learning in Senior High School . The method used in this research is descriptive qualitative method. Subject of this research was students of  Bahasa dan Sastra Indonesia study program. The result shows that the story of facts and the theme of novel is responded with have variation. Based on student responded, this novel become suitable as learning material for writing skill. 

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tanggapan mahasiswa terhadap novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tanggapan mahasiswa terhadap novel Bumi Cinta dan kelayakannya terhadap pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fakta-fakta cerita dan tema ditanggapi dengan beragam. Berdasarkan tanggapan mahasiswa tersebut, novel ini layak dijadikan sebagai bahan ajar untuk keterampilan menulis.

Kata kunci : kelayakan, novel, tanggapan.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


El Shirazy, Habiburrahman. 2010. Bumi Cinta. Semarang: Author Publishing

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rahmanto, Bernadus. 2005. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Suhendar, Pien Supinah. 1993. Pendekatan Teori-Sejarah dan Apresiasi Sastra Indonesia. Bandung: Pionir Jaya

Suroso. dkk. 2009. Kritik Sastra (Teori, Metodologi, dan Aplikasi). Yogyakarta: Elmatera-Publishing


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.