SASTRA ANAK DAN PENDIDIKAN KESEHATAN DALAM BUKU CERITA BERGAMBAR KAMU ADALAH PAHLAWANKU

Andina Meutia Hawa, Roma Kyo Kae Saniro

Sari


The existence of literary works is needed in the growth and development of children. Not only offers pleasure and presents life values, children’s literature also can be used as a medium for children’s character education, including for teaching health education. This study aims to describe the role of children’s literature in teaching health education and describe the value of health education in story book called Kamu Adalah Pahlawanku. The children’s book is published by Inter Agency Standing Committee as children’s guide for Covid-19 prevention. The result of the study shows that health education’s values are shown through the elements contained in story books such as characters, plot, settings, and theme of the book.


Keberadaan karya sastra sangat diperlukan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Tidak hanya menawarkan kesenangan dan menyajikan nilai-nilai kehidupan, sastra anak juga dapat dijadikan sebagai media pendidikan karakter anak, termasuk untuk pengajaran pendidikan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran sastra anak dalam pengajaran pendidikan kesehatan dan mendeskripsikan nilai pendidikan kesehatan dalam buku cerita Kamu Adalah Pahlawanku. Buku anak-anak ini diterbitkan oleh Komite Tetap Antar Badan sebagai panduan anak-anak dalam pencegahan Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan kesehatan ditunjukkan melalui unsur-unsur yang terdapat dalam buku cerita seperti tokoh, alur, latar, dan tema buku.


Keywords: children’s literature, health education, story book


Kata Kunci


children’s literature, health education, story book

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Atmaja, P. M. Y. R., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2021). Aktivitas Fisik Serta Pola Hidup Masyarakat Sebagai Upaya Menjaga Kesehatan pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 128-135

Asri, I. H., Lestarini, Y., Husni., M., Muspita, Z., & Hadi, Y. A. (2021). Edukasi Pola Hidup Sehat di Masa Covid-19. Jurnal Abdi Populika, 2(1), 56-63

Covid-19 dan Anak-anak di Indonesia. Unicef.

Informasi Tentang Virus Corona (COVID-19). 2020. Kementerian Kesehatan

Kamu Pahlawanku. (2020). IASC Reference Group MHPSS.

Krissandi, A., Febriyanto, B., S, Kelik., & Radityo, D. (2018). Sastra Anak: Media Pembelajaran Bahasa Anak. Yogyakarta: Bakul Buku Indonesia.

Nurgiyantoro, B. (2005). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajdah Mada University Press.

Nurgiyantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Panglipur, P. J., & Listiyaningsih, E. (2017). Sastra Anak sebagai Sarana Pembelajaran Bahasa dan Sastra untuk Menumbuhkan Berbagai Karakter di Era Global. Prosiding Seminar Nasional: Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global.

Rahman, F. (2011). Sastra Anak dalam Persimpangan. Jurnal Humaniora Talamanrea.

Risva, R., Yuniar, D., Yanuar, S. (2022). Edukasi Pencegahan Covid-19 dengan Metode Dongeng pada Kelompok Anak Usia Dini. Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 717-725.

Sarumpaet, R. (2010). Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Pusat Bahasa dan Kementerian Pendidikan Nasional.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (2013). Bandung: Alfabeta.

Suharto, Sugiharti. Kritik Sastra Feminis: Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wakhyudi, Y. (2021). Karya Sastra sebagai Media Alternatif Penyampaian Pendidikan Kesehatan Anak-anak di Masa Covid-19. Jurnal Dialektika Jurusan PGSD. 11(1), 532-542


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.