FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KESULITAN MENULIS PADA PESERTA DIDIK KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR

Destiani Destiani, Masrofah Masrofah

Sari


The problem addressed in this research is the difficulty of students in engaging in writing activities, which hinders effective learning. Therefore, this study aims to investigate and explain the factors contributing to writing difficulties affecting students at Sekolah Dasar Negeri 8 Metro Timur in the lower grades. This research employs a descriptive qualitative approach. The data sources for this study include students, educators, and parents. The researcher conducted observations, interviews, and document analysis to gather research data. The results of this study indicate that students have not yet mastered the writing of consonant letters because they do not understand the forms of these letters. Additionally, students also face challenges in writing words, sentences, writing during dictation by educators, and writing letters that have similar shapes, such as /b/ and /d/. Furthermore, these writing difficulties are influenced by the intelligence, motivation, and parental attention.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kesulitan peserta didik dalam melakukan kegiatan menulis sehingga membuat pembelajaran tidak berjalan efektif. Oleh sebab itu, penelitian ini bermaksud untuk menyelidiki dan menjelaskan faktor kesulitan menulis yang memengaruhi peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 8 Metro Timur di kelas rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini ialah peserta didik, pendidik, dan orang tua. Peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data-data penelitian. Hasil dari penelitian ini ialah peserta didik belum lancar menulis huruf konsonan karena belum memahami bagaimana bentuk dari huruf tersebut. Selain itu, peserta didik juga mengalami kesulitan untuk menuliskan kata, kalimat, kegiatan menulis saat didikte pendidik, serta menulis huruf yang bentuknya sama dengan huruf lainnya, missal /b/ dan /d/. Kemudian, kesulitan menulis tersebut dilatarbelakangi oleh kecerdasan, motivasi dan perhatian orang tua.

 

Keywords: writing difficulties, low grades, writing in elementary school, writing skills


Kata Kunci


writing difficulties, low grades, writing in elementary school, writing skills

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Nurdini, D. (2021). Analısıs Kesulıtan Belajar Membaca Sıswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 42-54.

Djuanda. Dkk. (2010) Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

Gie, T.L. (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta: Balai Pustaka.

Jamaris, M. (2014). Kesulitan belajar: perspektif, asesmen, dan penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Malladewi, M. A. (2013). Peningkatan keterampilan menulis narasi ekspositoris melalui jurnal pribadi siswa kelas IV di SD Negeri Balasklumprik i/434 Surabaya (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Subandi, A. U., Satrijono, H., & Suhartiningsih, S. (2014). Meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi sugestif dengan menggunakan media gambar seri siswa kelas V SDN Arjasa 02 Jember tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Edukasi, 1(1), 1-4.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Sesuatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Yarmi, G. (2014). Meningkatkan kemampuan menulis kreatif siswa melalui pendekatan whole language dengan teknik menulis jurnal. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 8-16.

Zubaidah, S. (2018). Ketrampilan Abad Ke-21 (Bagaimana Membelajarkan dan Menngasesnya). Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.