KORELASIONAL PEMBELAJAR AUDITORI DENGAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERPEN SISWA KELAS IX SMPIT CINTA RASUL

Abdul Azis, Nani Solihati

Sari


This study aims to determine the correlation between auditory learners and short story listening skills for grade IX students of SMP IT Cinta Rasul Cibungbulang, Bogor Regency. In semester of the 2022/2023 academic year. The background of this research is based on the knowledge that students with an auditory learning style learn Indonesian in class. This research uses the product-moment correlation method. This research was conducted by connecting auditory learners with short story listening skills in grade IX of SMP IT Cinta Rasul, which consisted of 15 students. Data collection techniques include instruments in the form of auditory learning style questionnaires and short story listening tests. The data was analyzed using the product moment formula so that the r-count was 0.867, which was greater than the r-table of 0.514, namely 0.868 > 0.514, which means H0 was rejected and H1 was accepted. So it can be concluded that there is a correlation between auditory learners and short story listening skills for grade IX students of SMP IT Cinta Rasul Cibungbulang, Bogor Regency.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pembelajar auditori dengan keterampilan menyimak cerita pendek siswa kelas IX SMP IT Cinta Rasul Cibungbulang Kabupaten Bogor. Pada semester tahun ajaran 2022/2023. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pengetahuan bahwa siswa dengan gaya belajar auditori mempelajari bahasa Indonesia di kelas. Penelitian ini menggunakan metode korelasi product moment. Penelitian ini dilakukan dengan menghubungkan pembelajar auditori dengan keterampilan menyimak cerita pendek di kelas IX SMP IT Cinta Rasul yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi instrumen berupa angket gaya belajar auditori dan tes mendengarkan cerita pendek. Data dianalisis dengan rumus product moment sehingga diperoleh rhitung sebesar 0,867 lebih besar dari rtabel sebesar 0,514 yaitu 0,868 > 0,514 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan belajar auditori dengan keterampilan menyimak cerita pendek siswa kelas IX SMP IT Cinta Rasul Cibungbulang Kabupaten Bogor.

 

Keywords: Auditory Learners, Listening to Short Stories


Kata Kunci


Auditory Learners, Listening to Short Stories

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Ananda, Rusydi, dan Fadhli Muhammad. 2018. Statistika Pendidikan. Medan: CV. Widia Puspita.

Azwardi. 2018. Metode Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Brown, H. D. 2008. Prinsip Pembelajaran Dan Pengajaran Bahasa. London: Pearson Education.

Deswin, Yendri. 2019. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK BAHASA INGGRIS (Studi Pada Siswa SMK Swasta Jakarta Pusat).” Research and Development Journal of Education 4(2):41–63. doi: 10.30998/rdje.v4i2.3377.

Fitriani, Chris Hilda. 2017. “Gaya Belajar Siswa Kelas III B SDN Tukangan Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 18–27.

Kusumaningrum, Endah. 2021. Menulis Kreatif Dongeng Sesuai Gaya Belajar Anak. Bantul: Jejak Pustaka.

Mustandi, Ali. 2021. Strategi Pembelajaran Keterampilan Bahasa dan Sastra yang Efektif Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press.

Nurgiantoro, Burhan. 2018. Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Press.

Nurhayati, Siti. 2022. Cerita Pendek dan Cerita Fdantasi. Lombok: Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya.

Nuryadi, DKK. 2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

Nuryani, Rina. 2015. Evaluasi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bogor: Kopi Sastra.

Priyatna, Andri. 2022. Pahami Gaya Belajar Anak. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Rismawan, Indah, DKK. 2022. Cara Mudah Menulis Cerpen. Bogor: Guepedia.

Soraya, Artifa, dan Yunita Anas. 2019. Menyimak Apresiatif. Malang: Media Nusa Kreative.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.