PENGARUH MODEL MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI
Sari
The purpose of this study is to determine the influence of the Meaningful Instructional Design (MID) model on learning interest and learning outcomes in learning to write poetry in grade X MA IPS Al-Barokah students for the 2022/2023 academic year. This research will be conducted from April 2023 to June 2023 at MA Al-Barokah. The research method used was quasi-expremin with a population of class X IPS MA Al-Barokah, as many as 2 classes with a total of 48 students. To measure students' interest in learning, instruments in the form of learning interest questionnaires totaling 20 questions and observation sheets totaling 15 statements were used. To measure learning outcomes, a test instrument is used in the form of questions in the form of poetry writing tasks, the data analysis technique used with the help of SPSS version 23. Based on the results of data processing from the test results using the Mann_Whitney test, the Asymp.Sig value is obtained. (2-tailed) of 0.000. So it can be concluded that there is an influence of the Meaningful Instructional Design (MID) model on learning interest and learning outcomes in learning to write poetry in Students in Class X MA Al Barokah Malangbong Academic Year 2022-2023.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Meaningful Instructional Design (MID) terhadap minat belajar dan hasil belajar pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas X MA IPS Al-Barokah tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2023 sampai dengan Juni 2023 di MA Al-Barokah. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-expremin dengan populasi siswa kelas X IPS MA Al-Barokah sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa 48 orang. Untuk mengukur minat belajar siswa digunakan instrumen berupa angket minat belajar berjumlah 20 soal dan lembar observasi berjumlah 15 pernyataan. Untuk mengukur hasil belajar digunakan instrumen tes berupa soal berupa tugas menulis puisi, teknik analisis data dengan bantuan SPSS versi 23. Berdasarkan hasil pengolahan data dari hasil pengujian menggunakan uji Mann_Whitney diperoleh nilai Asymp.Sig. sebesar 0,000. Simpulannya adalah terdapat pengaruh model Meaningful Instructional Design (MID) terhadap minat belajar dan hasil belajar pembelajaran menulis puisi pada Siswa Kelas X MA Al Barokah Malangbong Tahun Pelajaran 2022-2023.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Adawiah, S. R., Pertiwi, L. L., Sukawati, S., & Firmansyah, D. (2018). Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Teknik Onomatope Di MA Tanjungjaya. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia IKIP Siliwangi, 1(6), 897–904.
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Fenn-Berrabaß, C. (2001). Öffnen - Verwendung von PEEL-Folien. VDI Berichte, 1589, 105–112.
Friskilia, O., & Winata, H. (2018). Regulasi Diri (Pengaturan Diri) Sebagai Determinan Hasil Belajar Peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 184. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9454
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. 1(1), 307–313.
Gumilar, D. M., Nangka, J., Tb, N. C., Barat, T., Selatan, J., & Arifin, E. Z. (2021). Diskursus : Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual dan Minat Belajar Peserta didik terhadap Pembelajaran Menulis Puisi pada Peserta didik Kelas X SMK Negeri di Kabupaten Karawang Diskursus : Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia yang harus . 4(2), 138–146.
Hamalik, Oemar. (2015). Proses Belajar Menajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Heni Yoehana, Supriyanto, T., Rusilowati, A. (2013). Keefektifan Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Model Kuantum Dan Model Instruksi Langsung Berdasarkan Minat Belajar Sastra Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal of Primary Education, 2(1), 161–165.
Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 4(2), 86–97. https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380
Husain, M. (2020). Bahasa Indonesia. In Syntax Idea (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v2i2.132
Jihad, Asep. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Kertayasa, I. W., Suandi, I. N., & Utama, I. D. G. B. (2019). Pembelajaran Menulis Puisi Berdasarkan Pendekatan Kontekstual Pada Peserta didik Kelas X Mia 2 Sma N 1 Sukasada. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(2), 248–259. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i2.20618
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Lastrijanah, L., Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Peserta didik. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 87. https://doi.org/10.30997/dt.v4i2.895
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118
Malau, J. (2006). MODEL-MODEL PEMBELAJARAN.
Marleni, Lusi. (2016). Faktor-faktor yang Memengaruhi Minat Belajar Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang.01: (151)
Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849
Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Jurnal Sakinah, 2(1), 14–23. https://www.jurnal.stitnu-sadhar.ac.id/index/index.php/JS/article/view/17
Nasution, H. F. (2020). INSTRUMEN PENELITIAN DAN URGENSINYA DALAM PENELITIAN KUANTITATIF. 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Neng Robiatul Adawiyah, Fauziah Suparman, H. W. H. (2019). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Face Threatening Act of Different Ethnic Speakers in Communicative Events of School Context, 8(1), 104–115. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/24018
Nisa, A. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Peserta didik Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, II(1), 1–9.
Nuha, A. (2017). Populasi Dan Sampelر. Pontificia Universidad Catolica Del Peru, 8(33), 44.
Nurfitriyani, M. (2015). Pengaruh Kreativitas dan Kedisiplinan Mahapeserta didik Terhadap Hasil Belajar Kalkulus. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 219–226. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.157
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Peserta didik. Misykat, 03, 171–187.
Prayitno, H. W. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Teknik Inkuiri dan Latihan Terbimbing. JPBSI: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 1–10.
Ratnawati, E., & Rodiyana, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Instruction Design Terhadap Kemampuan Metakognitif Peserta Didik. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020, 2016, 193–200.
Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108
Sadeli, L. (2020). Pembelajaran Model Gambar Dan Sugesti Imajiner Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Dan Sastra. Jurnal Soshum Insentif, 3(2), 211–220. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i2.374
Saepuloh, M. F., Nurwahidah, L. S., & Kartini, A. (2021). Media Pembelajaran Podcast untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Bahasa Daerah, Vol 10(2), 107–116.
Sari, A. W., Yanda, D. P., Program, D., Pendidikan, S., Dan, B., & Indonesia, S. (2016). Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Bebas Peserta didik Kelas Ix Smp Negeri 2 Lembah Gumanti. Jurnal Gramatika, 2, 179–193.
Septiani, E., & Indah Sari, N. (2021). Goresan Pena Anak Matematika. Jurnal Pujangga, 7(1), 96–114.
Simbolon, N. (2013). Minat Belajar Peserta didik Dimasa Pandmi. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pendidikan Dasar, 1(2), 14–19.
Sinabariba, R. (2017). Peranan Guru Memilih Model-Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan 2017, 1–10.
Sitanggang, M., Purba, C. A., Indonesia, U. P., Indonesia, U. P., Indonesia, U. P., & Indonesia, U. P. (2022). Hubungan Penguasaan Unsur-Unsur Intrinsik Puisi Terhadap Kemampuan Membaca Puisi Ibu Karya Chairil Anwar Peserta didik Kelas Xi Sma Nila Harapan. Jurnal Basataka (JBT), 5(1), 34–41.
Sharma, A. (2012). A Conceptual Introduction. Classical Hindu Thought, 1–34. https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780195658712.003.0001
Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33
StudyCha, L. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis puisi melalui teknik Writing in TheHere and Now di Kelas 5 SD Negeri Purwobinangun Sleman.
Sutirta, E. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas VIII SMPN 6 Kediri dalam Menulis Puisi dengan Pengembangan Model Definisi. Jurnal Simki Pedagogia, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.29407/jsp.v5i2.139
Zuriatun Hasanah, A. S. H. (2021). IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahapeserta didikan Vol. 1, No. 1, April 2021 P-ISSN : - ; E-ISSN : - https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna. 1(1), 1–13.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.