ANALISIS CAMPUR KODE MELANEY RICARDO DALAM ACARA SARAH SECHAN

Santi Noviyana, Ratna Fauzi Rama

Sari


This article discusses mixed code in the Sarah Sechan program hosted by Sarah Sechan and Melaney Ricardo as guest stars broadcast on one private station, namely NET TV. Analysis of the data used is descriptive technique. This analysis is focused on the code mix done by Sarah Sechan as the show host and Melaney Ricardo as a guest star on the Sarah Sechan event. The results of the data analysis showed that Sarah Sechan and Melaney Ricardo inserted English in their speeches, the English description in the two speeches caused code mixing. The reason for the code mixing in Sarah Sechan's speech was to build a relaxed and more intimate atmosphere.


Artikel ini membahas tentang campur kode dalam acara Sarah Sechan yang dipandu oleh Sarah Sechan dan Melaney Ricardo sebagai bintang tamu yang disiarkan di salah satu stasiun swasta, yaitu NET TV. Analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif. Analisis ini difokuskan pada campur kode yang dilakukan oleh Sarah Sechan sebagai pemandu acara dan Melaney Ricardo sebagai bintang tamu pada acara Sarah Sechan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Sarah Sechan dan Melaney Ricardo menyisipkan bahasa inggris dalam tuturannya, penyisispan bahasa inggris dalam tuturan keduanya tersebut menyebabkan terjadinya campur kode. Alasan terjadinya campur kode dalam tuturan acara Sarah Sechan adalah untuk membangun suasana yang santai dan lebih akrab.

Keyword: mix code, Sarah Sechan, Melaney Ricardo.

DOI Artikel: http://dx.doi.org/10.23960/Kata.v9.i1.202109


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dewi, Puspa., dkk. 2019. “Analisis Campur Kode dalam Acara Talk Show Mata Najwa Episode “Indonesia Rumah Kita”. Jurnal: Prosiding seminar nasional PBSI II. hlm 89-94. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=campur+kode++pada+mata+najwa&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DKRAg7Y56NRgJ.

Endriani, Nova. 2014. “Ayu Dewi Dalam Sarah Sechan: analisis Alih Kode Campur Kode” Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa Sastra dan Budaya1. hlm 1-8. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=campur+kode++pada+acara+sarah+sechan&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3D3r2UK3srqaMJ.

Evi Yanti, Dorlan., dkk. 2017. “Alih Kode dan Campur Kode Siaran Radio 94.4 fm diRadio Lampung dan Implikasinya. Jurnal Kata: Prodi penidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP Universitas Lampung. Volume 5. No 2 hlm 1-10. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/13047/10506.

Ferawati, Ferawati. 2017. “Campur Kode Pada Acara Rumah Uya Di Tran7. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 1. hlm 74-89. https://scholar.google.com/scholar?start=20&q=campur+kode++pada+acara&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&u=%23p%3DXqfOkV4DwfQJ.

Lukman Rifai, Muhammad.,dkk. 2017. “Alih Kode dan Campur Kode Rubrik Buras dan Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa”. Jurnal Kata: Prodi penidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP Universitas Lampung. Volume 5. No 1 hlm 1-10. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/indek.php/BINDO1/article/view/13969/10114.

Septa Reni, Engrid., dkk. 2017. “Alih Kode dan Campur Kode pada Gelar Wicara Ini Talk Show serta Implikasiya. Jurnal Kata: Prodi penidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP Universitas Lampung. Volume 5. No 1 hlm 1-10. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/13499/9710.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.