Gambar Sampul

STUDI LITERATUR: PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Desi Septriyanti, Emi Lestari

Sari


Learning media plays a very important role in the learning process in the classroom. Learning media serves as an intermediary for educators to provide learning materials to students. By choosing the right media, learning can take place effectively and efficiently. In addition, rapid technological developments also affect the media used for learning. Along with these developments, learning media emerged. Augmented reality is a learning media that can be used to increase students' interest in learning. In addition, AR also helps students to improve their learning needs through scientific learning methods.


Media pembelajaran memegang peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran di kelas. Media pembelajaran berfungsi sebagai perantara bagi pendidik untuk memberikan materi pembelajaran kepada siswa. Dengan memilih media yang tepat, pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien Selain itu, perkembangan teknologi yang pesat juga mempengaruhi media yang digunakan untuk pembelajaran Seiring dengan perkembangan tersebut muncullah media pembelajaran. Augmented Reality merupakan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Selain itu, AR juga membantu siswa untuk meningkatkan kebutuhan belajarnya melalui metode pembelajaran saintifik.

Keywords: aughmented reality, scientific learning, interest to learning.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aryani, P. R., Akhlis, I., & Subali, B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbentuk Augmented Reality Pada Peserta Didik Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Konsep IPA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(2), 90–101.

Endra, R. Y., Cucus, A., & Ciomas, M. (2020). Penerapan Teknologi Augmented Reality bagi Siswa untuk meningkatkan Minat Belajar Bahasa Mandarin di Sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 1(1), 19–30.

Irfansyah, J. (2017). Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Untuk Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 1(1), 9–17.

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 174–183.

Mustaqim, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1).

Permana, A. H., Bakri, F., & Islahana, N. (2019). Buku Ipa Dilengkapi Dengan Teknologi Augmented Reality: Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp Kelas Viii Semester Genap. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 8, SNF2019-PE.

Pharausia, T. V., Afirianto, T., & Amalia, F. (2021). Penerapan Teknologi Augmented Reality Dalam Pengenalan Struktur Hardware Komputer Pada Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMK TKJ. Fountain of Informatics Journal, 7(1), 38–47.

Saputri, D. S. C. (2017). Penggunaan Augmented Reality untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata dan Hasil Belajar. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 6(1), 1357–1366.

Setyawan, B., & Fatirul, A. N. (2019). Augmented reality dalam pembelajaran IPA bagi siswa SD. Kwangsan, 7(1), 286912.

Sumayasa, I. N., Marhaeni, M. A. P. A. A. I. N., & Dantes, N. (2015). Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar Se Gugus VI Kecamatan Abang, Karangasem. Ganesha University of Education.

Zulfahmi, M., & Wibawa, S. C. (2020). Potensi Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar dan Respon Siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 334–343.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.