Gambar Sampul

STUDI LITERATUR TENTANG PEMANFAATAN PENGGUNAAN AUGMENTED REALITY DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUASAI BAHASA BAGI PESERTA DIDIK

Andi Cahyo Handoko, Ari Setyorini

Sari


This study describes the use of augmented reality as an effort to improve students' language skills. The research method used in this study is a literature study method, which is more precise by using content analysis techniques. This research concludes that augmented reality can be used to facilitate the language learning process. The process of understanding language can be easily done with the help of augmented reality.


Penelitian ini menjelaskan tentang pemanfaatan penggunaan augmented reality sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan menguasai bahasa peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literatur lebih tepatnya dengan menggunakan teknik analisis konten. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa augmented reality dapat digunakan untuk memfasilitasi proses pembelajaran bahasa. Proses memahami bahasa dapat dengan mudah dilakukan dengan bantuan dari augmented reality.

Keywords: Augmented Reality, Language


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ady Fauzan, Dihin Muriyatmoko, Shoffin Nahwa Utama. 2020. Penerapan teknologi augmented reality padamedia pembelajaran bahasa arab: durus al-lughah jilid 1. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 4 (1).

Atmajaya, Dedy. 2017. Implementasi augmented reality untuk pembelajaran interaktif. ILKOM Jurnal Ilmiah. 9 (2)

Azizah, dkk. 2020. STEAM berbantuan augmented reality untuk mengembangkan kemampuan bahasa pada anak usia 5-6 tahun. Research in Early Childhood Education and Parenting. 1(1)

Gunawan, Rakhmad. 2020. Pemanfaatan Augmented Reality Dalam Aplikasi Magic Book Pengenalan Profesi Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak. 1 (1), 36-42.

Habrian YO Suprapto, Arie SM Lumenta, Brave A Sugiarso. 2018. Aplikasi Pembelajaran Bahasa Tontemboan Berbasis Augmented Reality. Jurnal Teknik Informatika. 13 (4).

Ismawati, dkk. 2021. Penerapan Augmented Reality Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer). 8 (6), 315-322.

Mokodompit, dkk. 2021. Augmented Reality Aplications for Learning English in Elementary School Children. Jurnal Teknik Informatif. 6 (1).

Mustaqim, Ilmawan. 2016. Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajan. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan 13 (2), 174-183.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.