KEMAMPUAN MEMPROSAKAN PUISI KEPADA ADIK-ADIKKU KARYA ARIFIN C. NOOR SISWA SMA

Icha Meyrinda, Ni Nyoman Wetty Suliani, Mulyanto Widodo

Sari


The problem discussed in this research is how the ability to prose the poetry of students of grade X in SMA Negeri 9 Bandarlampung school year 2012/2013. This study aimed to describe the level of ability to prose the poetry grade X. This reasearch uses descriptive method. The population of this  research were 273 students’ distributed in 9 classes. 45 (15%) of them were randomly chosen to be taken as the research sampel.  The data were collected by using the technique of writing test. Based on the research results, the ability to prose the poetry of students of grade X in SMAN 9 Bandarlampung quite pretty with an average 67.96%.

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan memprosakan puisi siswa kelas X SMA Negeri 9 Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan memprosakan puisi siswa kelas X. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa berjumlah 273 siswa yang tersebar dalam 9 kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini 15% dari jumlah siswa setiap kelas, sehingga jumlah sampelnya 45 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan memprosakan puisi siswa kelas X SMAN 9 Bandarlampung tergolong cukup dengan rata-rata 67,96%.

Kata kunci: kemampuan, memprosakan, puisi.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Nurgiantoro, Burhan.1987. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPSG. 455 hlm.

Suroto. 1989. Teori dan Bimbingan Apresiasi Sastra Indonesia untuk SMU. Jakarta: Erlangga. 226 hlm.

Suyanto, Edi. 2012. Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (Pendalaman Materi Bahasa Indonesia). Bandarlampung:Universitas Lampung. 60 hlm.

Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga. 343 hlm.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.