Gambar Sampul

PHONETIC ERROR ANALYSIS OF SPEAKING SKILLS IN FRENCH STUDENTS THROUGH VIDEO MEDIA

Indah Nevira Trisna, Diana Rosita, Endang Ikhtiarti

Sari


This study aims to describe the phonetic errors found in the speaking skills of UNILA French Education Study Program students, especially in speaking skills through video media. This study uses descriptive qualitative research methods. The data sources in this study were fourth semester students in the academic year 21-22. The highest error is found in the phonetic pronunciation of consonants by 57.8%, namely in the pronunciation of consonants [Ʒ] as much as 20%. Then, there are only a few vowel errors of 7.8%, namely in the pronunciation of [œ] and [ə]. The results of this study are expected to be an evaluation material for perfecting phonetic pronunciation in speaking skills.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan fonetik yang terdapat pada keterampilan berbicara mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Prancis UNILA, khususnya pada mata kuliah keterampilan berbicara melalui media video. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah mahasiswa semester empat pada tahun akademik 21-22. Kesalahan paling tinggi terdapat pada pelafalan fonetik konsonan sebesar 57,8% yaitu pada pelafalan huruf konsonan [Ʒ] sebanyak 20%. Kemudian, hanya terdapat beberapa kesalahan vokal sebesar 7,8% yaitu pada pelafalan [œ]dan [ə]. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan evaluasi untuk menyempurnakan pelafalan fonetik pada keterampilan berbicara.

 

Keywords: Phonetic errors, French, Video


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arby, D., Arby, Julie,V. (2007). La Phonétique auditon, pronunciation, correction. Paris : CLE intenational.

Chaer, Abdul. (2003). Linguistik Umum. Cetakan Kedua. Jakarta: Rineka Cipta.

Muslich, Masnur. (2012). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Redistya, G, A. (2017) Analisis Kesalahan Fonem Bahasa Perancis pada siswa SMA Kelas X. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Spurlanti, W. (2012). Analisis Kesalahan Pelafalan Bunyi Bahasa Prancis Siswa Kelas XI SMAN 2 Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Yuliarti, R. (2015). Fonologi Bahasa Prancis. Jurnal Puitika, Vol.11, no. 1.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.