PENGGUNAAN EUFEMISME DAN DISFEMISME PADA TAJUK RENCANA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN
Sari
The problem of this research were how the euphemism and disfesmisme on the editorial of Radar Lampung and Lampung Post and the implication of the learning bahasa Indonesia at SMA. The objective of this research were to describe the euphemism and disfemisme on the editorial of Radar Lampung and Lampung Post and then the implication of the learning bahasa Indonesia at SMA. The method of this research was qualitatif method. The sources of this research were the editorial of Radar Lampung and Lampung Post. On the editorial of Radar Lampung and Lampung Post was the use of disfemisme more productive than euphemism. Euphemism and disfemisme on the editorial of Radar Lampung and Lampung Post implicated to the learning bahasa Indonesia at SMA, which was the ability of communication.
Masalah dalam penelitian ini bagaimanakah eufemisme dan disfemisme pada tajuk rencana Radar Lampung dan Lampung Post serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan eufemisme dan disfemisme pada tajuk rencana Radar Lampung dan Lampung Post serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah tajuk rencana Radar Lampung dan Lampung Post. Pada tajuk rencana Radar Lampung dan Lampung Post disfemisme lebih produktif dibandingkan eufemisme. Eufemisme dan disfemisme pada tajuk rencana Radar Lampung dan Lampung Post berimplikasi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA mengenai kemampuan berkomunikasi.
Kata kunci: disfemisme, eufemisme, pembelajaran.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Anwar, Khaidir. 1990. Fungsi dan Peranan Bahasa: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Chaer, Abdul. 2010. Bahasa Jurnalistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Luxemburg, Jan van (dkk). 1986. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.