RELASI WACANA KUMPULAN CERPEN DI ATAS SAJADAH CINTA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN
Sari
Discourse relations have an important role in determining the short stories because stories generated discourse cohesion. Therefore, how the discourse relations in a collection of short stories Di Atas Sajadah Cinta Habiburrahman El Shirazy work is a problem in this study. This study aims to describe the relationship of discourse a collection of short stories Di Atas Sajadah Cinta and its implications in learning in high school. This research method is descriptive qualitative. The source data a collection of short stories Di Atas Sajadah Cinta. The data of this study in the form of text snippets contained discourse relations. Based on data analysis, it was found that the short story includes relations discourse reference and lexical relations. This research has implications in learning in high school because of the relation of discourse helps student generate coherent discourse.
Relasi wacana memiliki peran cukup penting dalam cerpen karena menentukan kepaduan wacana cerpen yang dihasilkan. Oleh karena itu, bagaimana relasi dalam wacana kumpulan cerpen Di Atas Sajadah Cinta karya Habiburrahman El Shirazy merupakan masalah dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan relasi dalam wacana kumpulan cerpen Di Atas Sajadah Cinta dan implikasinya dalam pembelajaran di SMA. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber datanya berupa kumpulan cerpen Di Atas Sajadah Cinta. Data penelitian ini berupa cuplikan teks yang terdapat relasi wacana. Berdasarkan analisis data, ditemukan relasi wacana cerpen yang meliputi relasi referensi dan leksikal. Penelitian ini berimplikasi dalam pembelajaran di SMA karena relasi wacana membantu siswa menghasilkan wacana yang padu.
Kata kunci: implikasi, kumpulan cerpen, relasi wacana.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
El Shirazy, Habiburrahman. 2006. Di Atas Sajadah Cinta. Jakarta: Replubika.
Har, Aveus. 2009. Lintang, Sebuah Kumpulan Cerpen. Yogyakarta: C.V. Andi Offset.
Suyanto, Edi. 2011. Membina, Memelihara, dan Menggunakan: Bahasa Indonesia Secara Benar. Yogyakarta: Ardana Media.
Suyanto, Edi. 2012. Perilaku Tokoh Dalam Cerpen Indonesia: Kajian Sosio-Psikosastra Cerpen Agus Noor dan Joni Ariadinata . Bandarlampung: Universitas Lampung.
Tarigan, H.G. 1987. Pengajaran Wacana. Bandung: Angkasa.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.