Gambar Sampul

PENGEMBANGAN DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERMUATAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEKS FABEL KELAS VII DI SMPN 2 PUGUNG TANGGAMUS

Laudya Fadira, Mulyanto Widodo, Siska Meirita

Sari


The problem in this research is how the development and feasibility of the LKPD design contains the value of character education in learning fable texts in class VII SMP. The purpose of this study, namely to describe and evaluate the results of the development of the LKPD design containing the value of character education in learning fable texts for class VII SMP. This research uses research and development (R&D) methods. The results of this study, namely the creation of a LKPD design containing the value of character education in learning fable texts for class VII that has been validated. Validation is carried out by the lecturer as a material expert to test the feasibility of the LKPD design. Based on the results of the feasibility assessment of teaching materials obtained from material experts, an average value of 3.14 was obtained which was classified as "Appropriate".

 

Masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana pengembangan dan kelayakan desain LKPD bermuatan nilai pendidikan karakter pada pembelajaran teks fabel di SMP kelas VII. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan dan mengevaluasi hasil pengembangan desain LKPD bermuatan nilai pendidikan karakter pada pembelajaran teks fabel kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D). Hasil penelitian ini, yakni terciptanya desain LKPD bermuatan nilai pendidikan karakter pada pembelajaran teks fabel kelas VII yang sudah divalidasi. Validasi dilakukan oleh dosen sebagai ahli materi untuk menguji kelayakan desain LKPD. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan bahan ajar yang diperoleh dari ahli materi didapatkan rata-rata nilai 3,14 yang diklasifikasikan menjadi “Sesuai”.

 

Keywords: development of teaching materials, LKPD, character education values, fable texts.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kosasih. (2020). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.

Lampung, U. (2020). Panduan Penulisan Karya Ilmiah Universitas Lampung. Universitas Lampung.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. PT RajaGrafindo Persada.

MS, B., & Swayadani, T. B. (2014). Implementasi program pendidikan karakter di smp. 235–244.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Purwanti, L. N. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Erlangga.

Putri, B. K., & Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan LKS IPA terpadu berbasis inkuiri tema darah di smp n 2 tengaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 102–106. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i2.2709

Ratumanan, & Rosmiati, I. (2019). Perencanaan Pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2020). Meteode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wahono, Mafrukhi, & Sawali. (2016). Mahir Berbahasa Indonesia. Erlangga.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.