Gambar Sampul

PENGEMBANGAN DESAIN SKENARIO PEMBELAJARAN PADA TEKS PROSEDUR BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK SISWA SMP KELAS VII

Mery Elisabeth, Siti Samhati, Ali Mustofa

Sari


This study aims to develop a procedure text learning scenario based on a synthetic approach, test the feasibility and test the effectiveness of the Indonesian language learning scenario to achieve the learning objectives of identifying and concluding the procedure text.This study uses a research and development (R&D) method proposed by Borg and Gall, in this study applying six steps starting from the preliminary study, planning, product design, product validation, field trials, and final products. The results of this study in the form of learning scenarios based on a scientific approach with the theme "bequeath local culture through the text of the procedure", the products made have been declared feasible to be implemented in the teaching and learning process with the results of validation tests from learning design experts and subject teachers, and finally the product has also been tested in the field with a total N-Gain value of 22.46 with an average of 0.70 with the effective category.


Penelitian ini bertujann mengembangkan desain skenario pembelajaran teks prosedur berbasis pendekatan sintifik, menguji kelayakan dan menguji efektivitas desain skenario pembelajaran bahasa Indonesia untuk mencapai tujuan pembelajaran mengidentifikasi dan menyimpulkan teks prosedur. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) yang dikemukan oleh Borg and Gall, dalam penelitian ini menerapkan enam langkah dimulai dari studi pendahuluan, perencanaan, desain produk, validasi produk, ujicoba lapangan, dan produk akhir. Hasil dari penelitian ini berupa desain skenario pembelajaran berbasis pendekatan saintifik dengan tema “mewariskan budaya lokal melalui teks prosedur”, produk yang dibuat telah dinyatakan layak untuk dimplemantasikan dalam proses belajar mengajar dengan hasil uji validasi dari ahli desain pembelajaran dan guru mata pelajaran, dan yang terakhir produk telah diujicobakan dilapangan dengan total nilai N-Gain 22,46 dengan rata-rata 0,70 dengan kategori efektif.

Keywords: scientific approach, procedure text, feasibility, effectiveness


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fathurrohman, C. C. (2018). Paradigma Baru System Pembelajaran: dari teori, metode, model, media hingga evaluasi pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamalik, O. (1995). Kurikulum dan Pembelajaran . jakarta: bumi aksara.

Kemendikbud Tahun 2013 mengenai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia.

Nurdyansah. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Permindikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang pendekatan saintifik.

Setiani, Rina. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Mengapresiasi Teks Cerita Pendek Berbasis Adobe Flash Cs5 Untuk Kelas XI SMA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian kualitatif dan kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.