ANALISIS KONJUNGTOR DALAM KOLOM EDITORIAL SURAT KABAR LAMPUNG POST

Dewi Ratnaningsih, Rahmat Prayogi, Rian Andri Prasetya

Sari


The purpose of this study was to describe conjunction within the rubric of "editorial " Lampung Post newspaper and its implications for Indonesian learning in high school. The method that used is descriptive qualitative method. Sources of data in this study is the rubric " editorial " Lampung Post newspaper. Based on the analysis of data found conjunction form there are coordinative conjunction, subordinating conjunction, correlative conjunction, and conjunction between sentences. Lampung Post newspapers especially the rubric " editorial " can be used as a source of learning because it has been researched the phrase is used and written in according with standard.

 

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan konjungtor dalam rubrik “tajuk” surat kabar Lampung Post dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah rubrik “tajuk” surat kabar Lampung Post. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan konjungtor berupa konjungtor koordinatif, konjungtor subordinatif, konjungtor korelatif, dan konjungtor antarkalimat. Surat kabar Lampung Post terutama rubrik “tajuk” dapat dijadikan sumber belajar karena setelah diteliti penggunaan dan tulisan di dalam kalimat sudah sesuai dengan ragam baku serta bentuk ketidaktepatan penggunaannya hanya sedikit.

 

Keywords: conjunction, learning resources.

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/Kata.v9.i1.202101


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alwi, Hasan dkk. 2003. Tata Bahasa Baku

Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Chaer, Abdul. 1998. Tata Bahasa Praktis

Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Yudhistira.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.