ANALISIS TEKS, KOTEKS, DAN KONTEKS PADA SURAT KABAR RADAR BANTEN EDISI 223 TAHUN 2020

Hasty Prastyaningsih, Maulana Yusuf, Goziyah Goziyah

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis teks, koteks, dan konteks pada Koran (Surat Kabar) Radar Banten edisi 223 tahun 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Data dalam penelitian ini adalah sebuah wacana yang berjudul “Gaji P3K Terancam Tak Terserap” yang terdapat pada Koran (Surat Kabar) Radar Banten edisi 223 tahun 2020. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumentasi, dari hasil penelitian ini ditemukan tujuh paragraf, enam teks, lima koteks, dan dua konteks yang dapat dianalisis. The purpose of this study was to analyze the text, context, and context of the Radar Banten Newspaper 223 edition 2020. This study used a qualitative analysis method. The data in this study is a discourse entitled "P3K Salary Threatened Not Absorbed" contained in the Radar Banten Newspaper 223 edition 2020. Data collection was carried out by means of case studies, from research found in seven paragraphs, six texts and five contexts. , and two contexts that can be analyzed. Keywords: conversation, context, text, newspaper, discourse.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Diasa, N. L. (2018). Penyimpangan Prinsip Kesatuan Pengikut (Followers) dalam Wacana Instagram. Jurnal Bahasa dan Sastra – Universitas Tadakulo. Vol (3) No. 4 Tahun 2018 Hal. 1-18. (http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/viewFile/10054/8000)

Goziyah. (2018). Studi Wacana Bahasa Indonesia: Kajian Wacana Kritis. Tangerang: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Hermanto, M. (2017). Wacana Lisan dalam Iklan Djarum 76: Kajian Ancangan Etnografi Komunikasi. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia – Universitas Muhammadiyah Jember. Vol. (2) No. 1 Tahun 2017 Hal. 34-43. (http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BB/article/view/645)

Imawati, E. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teks Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif. Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya – Universitas Galuh. Vol (1) No. 1 Tahun 2017 Hal. 53-63. (https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi/article/view/85/80)

Ningsih, D. R., dkk. (2015). Teks, Konteks, dan Kognisi Sosial Wacana Bertema Pendidikan dalam Situs Kompasiana dan Implikasinya. J-Simbol (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) – Jurnal FKIP UNILA. Vol (2) No. 1 Tahun 2014 Hal. 1-9) (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO/article/view/7875)

Pasha, Sofie Medina. (2018). Analisis Isi Pemberitaan Kinerja Jokowi Tahun 2017-2018 di Situs Citizen Journalism Pewarta-Indonesia.com (Skripsi UIN Syarif Hidayatullah).

Rahmawati, Ida Yeni. 2016. Analisis Teks dan Konteks pada Kolom Opini “Latihan Bersama Al Komodo 2014” Kompas. Universitas Ponorogo. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol. (5) Tahun 2016 Hal. 49-57 (http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/viewFile/53/50)

Rahzanie, R. D. (2015). Analisis Pragmatik Wacana Stand Up Komedi Mongol Kajian Konteks dan Ko-Teks. Prosiding Prasasti – Jurnal Universitas Sebelas Maret. Tahun 2015 Hal. 199-202. (https://jurnal.uns.ac.id/prosidingprasasti/article/view/129/111)

Prayogi, R. (2016). Wacana Berita Bertajuk Korupsi Pada Situs Indonesiana dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Analisis Wacana di Perguruan Tinggi (Doctoral dissertation, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN).

Setiawan, T. (2011). Wacana Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.