PENOKOHAN DALAM NOVEL REMBULAN TENGGELAM DI WAJAHMU KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA

Prilly Shabrina AP, Kahfie Nazaruddin, Siti Samhati

Sari


The problem of this research is related to the characterization in the novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu by Tere Liye. This study aims to describe the types of characterizations in the novel, describing the technique of presenting characters in the novel, and it’s implications for learning planning in high school. The research uses descriptive qualitative methods. Technical data collection by reading, identifying characters, the implications of learning design in schools. The results showed that 1) the finding of various types of characterizations, 2) there is a technique of presenting characters, 3) it can be implied in the design of learning in high school.

 

Tujuan penelitian ini berkaitan dengan penokohan dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis penokohan,  mendeskripsikan teknik penyajian tokoh, dan implikasinya terhadap rancangan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.  Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan membaca, identifikasi tokoh,  implikasi rancangan pembelajaran di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ditemukannya berbagai jenis penokohan dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Karya Tere Liye, 2) terdapat teknik penyajiah tokoh dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Karya Tere Liye, 3) dapat diimplikasikan rancangan pembelajaran di SMA.

 

Keywords: Characterization, Novel, Qualitative


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Aminuddin. (2002). Pengantar Apresasi Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Furchan, H. A. (2005). Studi Tokoh: Metode Penelitian Mengenai Tokoh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Liye, T. (2015). Rembulan Tenggelam di Wajahmu. Jakarta: Republika.

Moleong, J. L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna, N. K. (2007). Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra: dari Strukturalisme hingga Postrukturalisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Semi, M. A. (2010). Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PustakaBaruPress.

Suroto. (1989). Teori dan Bimbingan Apresiasi Sastra Indonesia Untuk SMA. Jakarta: Erlangga.

Tarigan, H. G. (1984). Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.