PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) TEKS DESKRIPSI

Maudy Sukma Dhini, Iing Sunarti, Bambang Riadi

Sari


The problem in this research is how the development of HOTS (Higher Order Thinking Skill) based assessment text instruments for grade VII junior high schools and their feasibility. The method in this research is Research and Development (R&D) which adopts the Borg & Gall theory using five stages, namely preliminary studies, product development, product trials, product revisions, and final products. The results of this research and development in the form of HOTS-based assessment instrument products on description text material that are in line with HOTS characteristics, namely, measuring the ability to think at a high level, based on contextual problems, and using various forms of questions. This product has been declared fit for use by material experts and practitioners (Indonesian language teachers) as learning aids with a percentage of eligibility that is 86.6% by material experts and 91.1% by practitioners.

 

Masalah dalam penelitian ini ialah bagaimanakah pengembangan instrumen penilaian berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) teks deskripsi untuk SMP kelas VII dan kelayakannya. Metode dalam penelitian ini ialah Research and Development (R&D) yang mengadopsi teori Borg & Gall dengan menggunakan lima tahap, yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk, uji coba produk, revisi produk, dan produk akhir.Hasil penelitian dan pengembangan iniberupa produk instrumen penilaian berbasis HOTSpada materi teks deskripsi yang sesuai dengan karakteristik HOTS yaitu, mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, berbasis permasalahan kontekstual, dan menggunakan bentuk soal beragam. Produk ini telah dinyatakan layak digunakan oleh ahli materi dan praktisi (guru BahasaIndonesia) sebagai alat bantu pembelajaran dengan persentase kelayakan yaitu 86,6% oleh ahli materi dan 91,1% oleh praktisi.

 

Keywords: instrument, HOTS, description text, eligibility


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Agustina, E. S., et al. (2015). Penyajian Kegiatan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Ilmiah (Saintific Approach) dalam Buku Teks Bahasa Indonesia (Kajian Telaah Buku Teks). Univesitas Lampung: FKIP.

Alwi, H., et al. (2015). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahas Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Arikunto, S. (2017). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Harjanto. (2005). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Haryati. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Kompetensi Pada Praktikum Pemograman Web di SMK. Makassar; Universitas Negeri Makassar. http://eprints.umn.ac.id/6813/1/Har yati%2520%2520.jurnal

Juniarta, A. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas XI Semester Gasal. Malang:Universitas Negeri Malang. http://journal.um.ac.id/index.php/ip tpp/articlview/6704

Keraf, G. (2005). Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nugroho, R. A. (2019). HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Konsep, Pembelajaran, Penilian, dan Soal-soal). Jakarta: Grasindo.

Saddhono dan Slamet. (2015). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Teori dan Aplikasi Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sani, R. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill). Tangerang: Tira Smart.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutanto, P. (2019). Modul Penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skill) Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.