TEKS DESKRIPSI PADA MAJALAH ANEKA YESS DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMP

Rosha Gremonia, Iing Sunarti, Bambang Riadi

Sari


The problem in this study is how to use the structure and rules of the text description in the magazine Aneka Yess and its use as teaching material in SMP Class VII. The method used in this research is descriptive qualitative. The data in this study are in the form of structure, namely Title, General Description, Section Description and Language Rules, namely word references, copula words, verbs, and emotive words contained in the description text Aneka Yess magazine. The results showed that of the ten description text titles used there are seven description text titles that have a complete structure and language rules in accordance with the theory used. The results of this study are used as teaching materials in Class VII Middle School in accordance with the material contained in Class VII Middle School learning.

 

Masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana penggunaan struktur dan kaidah kebahasaan teks deskripsi dalam majalah Aneka Yess dan pemanfatannya sebagai bahan ajar di SMP Kelas VII. Metode yang digunakan dalam peneletian ini ialah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa struktur yaitu Judul, Deskripsi Umum, Deskripsi Bagian dan Kaidah kebahasaan, yaitu Rujukan kata, Kata kopula, Kata kerja, dan Kata yang bersifat emotif yang terdapat dalam teks deskripsi majalah Aneka Yess. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sepuluh judul teks deskripsi yang digunakan terdapat tujuh judul teks deskripsi yang memiliki struktur dan kaidah kebahasaan yang lengkap sesuai dengan teori yang digunakan. Hasil penelitian ini dimanfaatkan sebagai bahan ajar di SMP Kelas VII sesuai dengan materi yang terdapat pada pembelajaran SMP Kelas VII.

Keyword: Description text, Magazine, Aneka Yess, Teaching materials


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Amri & Ahmadi. (2010). Kontruksi Pengembangan Pembelajaran Pengaruhnya Terhadap Mekanisme Dan Praktik Kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Effendiy, O. (2006). Teori Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamalik, O. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Keraf, G. (2017). Eksposisi dan Deskripsi. Flores: Nusa Indah.

Kosasih & Kurniawan. (2019). Jenis-Jenis Teks:Fungsi, Struktur, Dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Yrama Widya.

Mahsun. (2018). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Depok: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, Y. (2019). Teks Eksplanasi Kompleks Dalam Media Massa Dan Pemanfaatannya Sebagai Materi Ajar Di Sma Kelas Xi (Deskriptif Analisis Terhadap Teks Eksplanasi Kompleks Dalam Surat Kabar Lampung Post, Radar Lampung, Dan Tribun Lampung). Bandarlampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.