PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS IX.1 SMP NEGERI 1 PRINGSEWU

Yemi Valentini, Mulyanto Widodo, Bambang Riadi

Sari


The aim of the study was to describe the learning planning, the learning implementation and the learning assessment of writing short stories. The method used in this research was descriptive qualitative. The subject of the research is the learning of writing short stories students of IX 1 class at SMP Negeri 1 Pringsewu in academic year 2018/2019. The result showed that the teacher has done three stages in learning which include planning, implementing, and assessing. In planning, the teacher makes a lesson plan based on the components of the 2013 Curriculum. The learning implementation is summarized in pre- activities, whilst activity, and post activities. The assessment conducted by the teacher includes the attitude competency assessment by observing the attitude of students' responsibility towards the given task, the assessment of knowledge competence by giving questions in the form of written tests and oral tests, and the assessment of skills competencies in the form of practical tests by performing their work.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran menulis cerpen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penilitian ini adalah pembelajaran menulis cerpen siswa kelas IX.1 SMP Negeri 1 Pringsewu tahun pelajaran 2018/2019. Hasil  penelitian menunjukan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan dalam pembelajaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Pada perencanaan, guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan komponen-komponen RPP pada Kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran dirangkum dalam kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian kompetensi sikap dengan mengamati sikap tanggung jawab siswa terhadap tugas yang diberikan, penilaian kompetensi pengetahuan dengan memberikan soal berupa tes tulis dan tes lisan, dan penilaian kompetensi keterampilan berupa tes praktik dengan melakukan unjuk kerja.

 

Keywords: short stories, writing texts, learning.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Y. (2013). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter.

Bandung: Refika Aditama.

Agus, C. S. (2018). Pembelajaran Menulis Laporan Kegiatan Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 3 Tegineneng Tahun Pelajaran 2014/2015. Bandarlampung: Jurnal Kata Universitas Lampung.

Arikunto,S. (2010). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi. V. Jakarta: RinekaCipta

Azwar, S. (2003). Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Fitri, A. E. (2016). Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas VII MTS Mathla’ul Anwar Binuangeun Tahun Pelajaran 2015/2016. Bandarlampung: Jurnal Kata Universitas Lampung.

Hamalik, O. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Naim, J. (2014). Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tumijajar. Bandarlampung: Jurnal Kata Universitas Lampung.

Priyatni, E. T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT.BumiAksara

Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

Tarigan, H. G. (2015). Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung:Angkasa.

Vina, M. S. (2017). Pembelajaran Menulis Teks Biografi Siswa Kleas VIII SMP Global Madani Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Bandarlampung: Jurnal Kata Universitas Lampung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.