PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUISI MENGGUNAKAN APLIKASI PREZI PADA SEMESTER GANJIL KELAS X

Lady Pramesti Handoko, Munaris Munaris, Mulyanto Widodo

Sari


The purpose of this study to describe the development of poetry learning using the prezzi application at odd semester class X in the year 2018/2019 and its eligibility as a learning medium. The method of this research used research and development (R&D) method which adopted from Borg and Gall theory. The result showed that there were five phases used showed the material expert research result on learning spect gained 3.6 score with excellent category and the content aspect gained 3.7 score with a very good category. The assessment of media experts in the display aspect gained 3.75 score in the excellent category, the programming aspect obtained 3.3 score in the very good category, and the role aspects of media ini helping students to understand the material gained 3.8 score in the excellent category. And practitioner assessment in the appraisal scored 3.85 in the excellent category.

 

Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran puisi menggunakan aplikasi prezi pada semester ganjil kelas X tahun ajaran 2018/2019 dan kelayakannya sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development/R&D) yang mengadopsi teori Borg and Gall.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima tahapan yang digunakan menunjukkan hasil penilaian ahli materi pada aspek pembelajaran memperoleh skor 3,6 dengan kategori sangat baik dan aspek isi memperoleh skor 3,7 dengan kategori sangat baik. Penilaian ahli media dalam aspek tampilan memperoleh skor 3,75 dengan kategori sangat baik, aspek pemrograman memperoleh skor 3,3 dengan kategori sangat baik, dan aspek peran media dalam membantu pemahaman materi memperoleh skor 3,8 dengan kategori sangat baik. Penilaian praktisi dalam aspek penilaiannya memperoleh skor 3,85 dengan kategori sangat baik.

 

Keywords: development, media, prezzi, eligibility


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Silabus Bahasa Indonesia di SMA. Jakarta: Kemendikbud.

Karwono, Mularsih. 2017. Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: Raja Grafindo Persada.

Rusyana, Yus. 1984. Bahasa dan Sastra dalam Gamitan Pendidikan. Bandung: CV. Diponegoro.

Rita, Anita. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS5 Untuk SMK Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Pada Kompetensi Dasar Menguraikan Sistem Informasi Manajemen. Bandarlampung: Universitas Lampung. http:jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO (diakses pada 03-10-2019).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suliani, Ni Nyoman Wetty. 2011. Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Waluyo, Herman J. 1991. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.