Hubungan Penguasaan Diksi dan Minat Berbicara dengan Kemampuan Berpidato Siswa SMP Kelas VII
Sari
The problem that raised in this research is correlation diction mastery and speaking intereset with the in comprehebsion speech. To reach the purpose of the research above, the researcher use correlational methos, it means that the data collected after all the even happen. There were there questioner used to collect the data The findings are as follows: (1) there is a positive correlation between mastery diction with ability comprehebsion by correlation coefficient of 0.775, (2) there is a positive correlation between intereset speaking with speech arranging ability with correlation coefficient 0.649, (3) there is a positive correlation mastery diction and interest comprehebsion speech with narration speaking ability with a correlation coefficient of 0.807. Therefore, the speech arranging ability could be enhanced by increasing master diction dan interest arranging.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah hubungan penguasaan diksi dan minat berbicara dengan kemampuan berpidato. Penelitian ini menggunakan metode korelasional, artinya data dikumpulkan setelah semua kejadian yang dipermasalahkan berlangsung. Hasil penelitian menujukkan: (1) penguasaan diksi berhubungan positif dengan kemampuan berpidato yang ditunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,775 > 0,535 (rtabel); (2) minat berbicara berhubungan positif dengan kemampuan berpidato yang ditunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,649 > 0,361 (rtabel); dan (3) penguasaan diksi dan minat berbicara secara bersama-sama berhubungan positif dengan kemampuan berbicara koefisien sebesar 0,807. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan secara umum bahwa kesimpuan adalah kemampuan berpidato memiliki hubungan positif dengan penguasaan diksi dan minat berbicara, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama.
Kata kunci: penguasaan diksi, minat berbicara, kemampuan berpidato.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Akhadiyah, Sabarti,2000. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga.
Keraf, Gorys. 2003. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta : PT. Gramedia.
Keraf Gorys. 2007. Berpidato. Jakarta : PT.Gramedia.
Nurgiyantoro.2001. Penelitian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta : BPFE.
Henry Guntur Tarigan.2002. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Parera, Daniel.2004. Diksi dan Pengajaran Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia. Jakarta:Erlangga.
Sri Hastuti.2003. Kemampuan Berpidato. Yogyakarta:Lukman.
Stefanus Y,Slamet.2006. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta:UNS Press.
Yuliana. 2008. Analisis Diksi pada Karangan Siswa. Bandung : PT.Gramedia.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.