Deskripsi Tokoh dalam Trilogi Hujan Bulan Juni dan Pembelajarannya Di SMA

Arini Wastiti, Kahfie Nazaruddin, Iqbal Hilal

Sari


The objectives of this research were to describe the physical description of the main characters in the novel of Hujan Bulan Juni, Pingkan Melipat Jarak and Yang Fana Adalah Waktu by Sapardi Djoko Damono and its use as learning material in Indonesian language and literature for senior high school 12th grade in second semester. This study adopted qualitative-descriptive method. The result of the research showed that Sapardi Djoko Damonouses more accelerated installmentpresentation, analytical technique, subjective description in describing the physic appearance of the main characters. The result of the research could be used as learning material for 12th grade senior high schools which was aimed for students to analyze and to design novels by considering the content and structure based especially in KD.3.9 analyzing the content and structure of novel and KD.4.9 designing novel or novelet by considering the content and structure.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan deskripsi fisik tokoh utama dalam novel Hujan Bulan Juni, Pingkan Melipat Jarak dan Yang Fana Adalah Waktu karya Sapardi Djoko Damono dan pemanfaatannya sebagai bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA kelas 12 semester genap.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sapardi Djoko Damono lebih banyak menggunakan penyajian akselerasi berangsur, teknik analitik, jenis deskripsi subjektif, saat mendeskripsikan penampilan fisik tokoh utama dalam novel Hujan Bulan Juni, Pingkan Melipat Jarak dan Yang Fana Adalah Waktu. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai materi ajardi SMA kelas XII semester genap yang bertujuan agar siswa mampu menganalisis dan merancang novel bedasarkan isi dan kebahasaannya sesuai pada KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel dan KD 4.9 merancang novel atau novelet dengan memperhatikan isi dan kebahasaan.

 

Kata kunci: deskripsi fisik, tokoh utama, dan pemanfaatan

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abrams, M.H. & Harpham, G.G. 2009.A Glossary Of Literary Terms. Amerika: Wadsworth Cengange Learning.

Amri, S. & Ahmadi, K. 2010. Kontraksi Pengembangan Pembelajaran Pengaruhnya Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum. Jakarta: Prestasi.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Damono, S.D. 2017. Hujan Bulan Juni. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Damono, S.D. 2017. Pingkan Melipat Jarak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Damono, S.D. 2018. Yang Fana Adalah Waktu. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ismawati, E. 2015.Telaah Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Ombak.

Keraf, G. 2017. Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: Nusa Indah.

Leech, G. & Short, M. 2007.Style In Fiction (A Linguistic Introduction To English Fictional Prose). Inggris: Pearson Education Limited.

Nurgiyantoro, B. 2012.Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Prasetya, M.W. 2012.Deskripsi Latar dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata dan Perancangannya dalam Pembelajaran Sastra di SMA.Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Rahmanto, B. 1988.Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanikus.

Rozelle. 2005. Description and Setting. Amerika Serikat: Writer’s Digest Books.

Semi, M.A. 2012.Metode Penelitian Sastra. Bandung: CV. Angkasa.

Suyanto, E. 2012.Perilaku Tokoh Dalam Cerpen Indonesia. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Tarigan, H.G. 2015.Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: CV Angkasa.

Universitas Lampung. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Quinn, E. 2006.A Dictionary Of Literary And Thematic Terms. New York: Library of Congress Cataloging-in-Publication Data.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.