Deskripsi Fisik Tokoh Novel Layar Terkembang Karya STA dan Belenggu Karya AP

Nola Miranda, Kahfie Nazaruddin, Iing Sunarti

Sari


This research was aimed to describe the physical description of the main characters in the novel of Layar Terkembang by Sutan Takdir Alisjahbana and Belenggu by Armijn Pane and their use as teaching material in high school. This research used descriptive qualitative method. The results of this study indicate the physical description of the main characters in the novel Layar Terkembang and Belenggu in terms of accelerating the presentation of characters, which are presented gradually, the method of presenting characters is presented analytically, types of descriptions use subjective descriptions, and descriptions of symbolic signs. The results of this study are teaching materials that can be used in novel learning in 12th grade high school even semester in order to make the students understand that a character is as one of the intrinsic elements found in the novel Layar Terkembang by Sutan Takdir Alisjahbana and Belenggu by Armijn Pane with Basic Competence 3.9 Analyzing content and language Feature of the novel.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan deskripsi fisik tokoh utama dalam novel Layar Terkembang Karya Sutan Takdir Alisjahbana dan Belenggu Karya Armijn Pane dan pemanfaatannya sebagai materi ajar di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan deskripsi fisik tokoh utama dalam novel Layar Terkembang dan Belenggu ditinjau dari akselerasi penyajian tokoh yaitu disajikan secara berangsur, metode penyajian tokoh disajikan secara analitik, jenis deskripsi menggunakan deskripsi subjektif, dan deskripsi jenis tanda simbolik. Hasil penelitian ini berupa materi ajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran novel di SMA kelas 12 semester genap yang bertujuan agar siswa mampu memahami tokoh sebagai salah satu unsur intrinsik yang terdapat pada novel Layar Terkembang Karya Sutan Takdir Alisjahbana dan Belenggu Karya Armijn Pane dengan Kompetensi Dasar 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel.

Kata kunci: deskripsi fisik tokoh, novel, dan materi ajar


Referensi


Agni, Binar. 2009. Sastra Indonesia Lengkap. Jakarta: Hi-Fest Publishing.

Alisjahbana, Sutan Takdir. 2011. Layar Terkembang. Jakarta: PT Balai Pustaka.

Anggraini, Ria, Kahfie Nazaruddin dan Ali Mustofa. 2014. Deskripsi Latar dan Fungsinya dalam Novel Cinta di Dalam Gelas Karya Andrea Hirata dan Implikasinya pada Pembelajaran Sastra di SMA. Universitas Lampung: Jurnal Kata. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/6646 (Dikutip pada tanggal 02 Juli 2019).

Keraf, Gorys. 2007. Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: Nusa Indah.

Kus Endang, Heti, Munaris dan Ali Mustofa. 2019. Deskripsi Fisik Tokoh Utama Novel Harimau-Harimau dan Maut Dan Cinta Karya Mochtar Lubis dan Rancangan Pembelajaran Sastra di SMA.. Universitas Lampung: Jurnal Kata. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/17751 (Dikutip pada tanggal 02 Juli 2019).

Nazaruddin, Kahfie. 2015. Pengantar Semiotika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pane, Armijn. 2013. Belenggu. Jakarta: PT Balai Pustaka.

Rozelle, 2015. Sastra Indonesia Kontemporer. Medan: Graha Ilmu.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.