KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GADINGREJO

Erwin Saputra, Nurlaksana Eko Rusminto, Muhammad Fuad

Sari


Issues discussed in this study was how the level of ability to write short stories in class X SMA Negeri 1 Gadingrejo second semester of academic year 2012/2013. Sample 10% of the total population as much as 253 students which are 24 students. The short story writing skills of students' a class X SMA Negeri 1 Gadingrejo school year 2012/2013, belong to the category of fairly with an average score of 70,67. Score per indicator 1) the theme score of 69,45 category enough; 2 a) the figures that were presented score of 85,58 excellent category, b) the presentation of the character figures score of 64,04 fair category; 3) background score of 65,5 category of pretty; 4 a) a series of events 71,66 category enough, b) the flow of the game score of 66.88, enough categories; and 5) style language score of 71,63 category enough.

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Gadingrejo semester genap tahun pelajaran 2012/ 2013. Sample diambil 10% dari populasi yang berjumlah 253 siswa yakni 24 siswa. Hasil kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas X SMA Negeri 1 Gadingrejo tahun pelajaran 2012/2013, tergolong dalam kategori cukup dengan skor rata-rata 70,67. Skor rata-rata kemampuan siswa perindikator adalah: 1) tema skor rata-rata 69,45 kategori cukup; 2 a) tokoh yang dihadirkan skor rata-rata yaitu 85,58 kategori sangatbaik, b) penyajian watak tokoh skor rata-rata 64,04 kategori cukup; 3) latar dengan rata-rata 65,5 kategori cukup; 4 a) rangkaian peristiwa rata-rata 1,66 kategori cukup, b) permainan alur rata-rata 66,88 kategori cukup; dan 5) gaya bahasa skor rata-rata 71,63 kategori cukup.

Kata kunci: cerita pendek, kemampuan, menulis.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Akhadiah, Sabarti, dkk. 1996. Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan.

Nurgiantoro, Burhan. 1994. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada.

Nurjamal, Daeng, dkk. 2009. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Priyatni, Endah Tri. 2010. Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi Aksara.

Rohmanto, Dwi. 2012. Teknik Menulis Kebahasaan dan Kesusastraan Indonesia. Bandarlampung: Perpustakaan Nasional RI.

Suriamiharja, Agus, dkk. 1996. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan.

Tarigan, H.G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Usman, Husaini. 2008. MetodePenelitian Sosial. Jakarta: Sinar Grafika.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.