Tindak Tutur Menolak dalam Gelar Wicara Hitam Putih dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran

Eka Listianingsih, Farida Ariyani, Eka Sofia Agustina

Sari


The problem in this reseach is how speech acts of refusal in Hitam Putih Talk Show and its implications for learning Bahasa Indonesia in high school. The purpose of this research is to describe the speech acts of refusal in Hitam Putih Talk Show  and to imply the speech acts of refusal in the subject of Bahasa Indonesia in high school. This study uses a qualitative approach and descriptive method. The results of the research showed that there was a direct speech act of refusal not performative and seven types of indirect speech acts of refusal. The direct speech act of refusal not performative strategy is a strategy with the emergence of the most dominant strategy. The results can be implied in learning Bahasa Indonesia in tenth grade of high school in KD 4.3 Developing content (problems, arguments, knowledge, and recommendations) exposition text orally and / in written.

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tindak tutur menolak dalam Gelar Wicara Hitam Putih dan implikasinya  terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tindak tutur menolak dalam Gelar Wicara Hitam Putih dan mengimplikasikan tindak tutur menolak pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tindak tutur menolak langsung tidak performatif dan tujuh jenis tindak tutur menolak tidak langsung. Strategi tindak tutur menolak langsung tidak performatif merupakan satrategi dengan kemunculan strategi paling dominan. Hasil penelitian dapat diimplikasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas X pada KD 4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis.

Kata kunci: tindak tutur menolak, gelar wicara dan pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


AR, Syamsudin dan Vismaia S. Damaianti. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Astuti, Sri Budi dan Ira Eko. 2016. Tindak Ilokusi Dalam Talkshow Hitam Putih Di Televisi Trans 7. Surabaya: Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Carla. 2016. Structure of Refusals. University of Minnesota: CARLA [online].

Chaer, Abdul dan Leonie Agustin. 2010. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Djajasudarma, Fatimah. 2010. Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: PT Eresco.

Madihah, Ulfa Nurul. 2017. Tindak Tutur Menolak Dalam Gelar Wicara Mata Najwa serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Nadar, F.X. 2008. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rusminto, Nurlaksana Eko. 2015. Analisis Wacana: Sebuah kajian Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Satori, Djam’an dan Komariah Aan. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Yamagashira, Hisako. 2001. Pragmatic Transfer in Japanese ESL Refusal. Kagoshima Immaculate Heart College, 4: 259-275.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.