Alih Kode dan Campur Kode di Pasar Tradisional Kedondong dan Implikasinya

Muhammad Suhendra, Siti Samhati, Eka Sofia Agustina

Sari


The problems discussed in this study are code switching and code mixing in the Kedondong traditional market. This study aims to describe the shape and factors leading to code switching and code mixing in the Kedondong traditional market and its implications for learning Indonesian in high schools. The method used in this study is qualitative descriptive. The data source in this study was the conversation of the traders at Kedondong traditional market. Data collection techniques used in this study are field notes and audio recordings. The results of the research showed that was a form of internal code switching caused by speakers and opponents. the mixed code form in the Kedondong traditional market consists of words, phrases, and clauses caused by the background of speakers' attitudes, language, code limitations, and speakers.

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah alih kode dan campur kode di pasar tradisional Kedondong. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan faktor penyebab alih kode dan campur kode di pasar tradisional Kedondong dan implikasinya pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah percakapan para pedagang di pasar tradisional Kedondong. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah catatan lapangan dan rekaman audio. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan terdapat bentuk alih kode internal yang disebabkan oleh faktor penutur dan lawan tutur. bentuk campur kodeĀ  di pasar tradisional Kedondong terdapat bentuk kata, frasa,dan klausa yang disebabkan oleh latar belakang sikap penutur, kebahasaan, keterbatasan kode, dan pembicara.

Kata kunci : alih kode, campur kode, implikasi

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/Kata/v7i1.2019.02


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Chaer, Abdul dan Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta:Rineka Cipta.

Kridalaksana. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, dan Tekniknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Moleong, Lexy. J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Nababan, P.W.J. 1984. Sosiolinguistik : Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Gramedia.

Pateda, Mansoer. 1987. Sosiolinguistik. Bandung: Angkasa.

Suandi. 2014. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suwito. 1983. Pengantar Awal Sosiolinguistik (Teori dan Problema). Surakarta: Henary Offset Solo.

Suyanto, Edi. 2011. Membina, Memelihara, dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Benar (Bahan Ajar). Yogyakarta: Ardana Media.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.