Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Bandar Lampung

Romanda Pratama Putra, Siti Samhati, Iqbal Hilal

Sari


This research was aimed at describing the planning, implementation and evaluation in the learning process of writing description text in seventh grade students SMP Negeri 7 Bandar Lampung. This method of the research was qualitative descriptive. The result showed that in the implementation, there were two activities: teacher activity and students activity. There were three steps in teacher activities: introduction, main activity and closing. In main activity the students are able to (1) observe, (2) ask, (3) try, (4) understand, and (5) communicate. Teachers evaluated the student based on the students attitude by observing the student directly; the student knowledge by giving the written test; and the students skill by practicing to write description text.  

Tujuan  penelitian  adalah  mendeskripsikan  perencanaan,  pelaksanaan,  dan  penilaian  pada  kegiatan pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan dalam pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan  penilaian  pembelajaran.  Pada  perencanaan  pembelajaran,  guru  membuat  rencana  pelaksanaan pembelajaran  berdasarkan  komponen-komponen  RPP  pada  Kurikulum  2013.  Pada  pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas yaitu, aktivitas guru dan aktivitas siswa. aktivitas yang dilakukan guru meliputi tiga tahap kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan ini terjadi aktivitas siswa yang meliputi (1) aktivitas mengamati, (2) aktivitas menanya, (3) aktivitas mencoba, (4) aktivitas menalar, dan (5) aktivitas mengomunikasikan. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian kompetensi sikap dengan teknik observasi langsung; penilaian kompetensi pengetahuan dengan teknik tes tertulis berupa soal uraian; dan penilaian kompetensi keterampilan dengan teknik tes praktik berupa membuat karangan teks deskripsi.

Kata kunci: pembelajaran, menulis, teks deskripsi


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter . Bandung: RefikaAditama.

Arsyad, Azhar. 2000. Media Pengajaran. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.

Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.

Daryanto. 2012. Pendekatan Pembelajaran SaintifikKurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: CV YramaWidya.

Moelong.Lexy. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalamKurikulum 2013. Jakarta: BumiAksara.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis. Bandung :Angkasa.

Widodo, A. 2006. Revisi Taksonomi Bloom dan Pengembangan Butir Soal. Didaktis. Bandung: Buletin Bandung


Refbacks