Implikatur Percakapan Novel Surga Yang Tak Dirindukan Karya Asma Nadia dan Implikasinya

Evy Nur Afifah, Nurlaksana Eko Rusminto, Bambang Riadi

Sari


The purpuso of this study is to describe conversational implications between novel’s caracters using verbal froms in implication by utilizing the inner context of implication.. The method used is qualitative descriptive. The result of this study shows that the implication of confersations between characters in this novel Surga Yang Tak Dirindukan by Asma Nadia using non-literal direct speech acts, speech acts indirect literal, and non literal  indirect speech acts. The method used between characters in the implication is the method of ordering, asking, and asking. Meanwhile, the untilization of dominant implicit context is used in speech event in Surga Yang Tak Dirindukan novel includes the context of place, time, and situation. The result of this study are implied in learning Indonesian Language activity as a teaching material for even semester highschool students with 3.9 basic competence that analyzes the content and language of the novel.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Implikatur percakapan antartokoh novel menggunakan bentuk verbal dalam berimplikatur dengan memanfaatkan konteks dalam berimplikatur. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implikatur percapakan antar tokoh dalam novel Surga Yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia menggunakan tindak tutur langsung tidak literal, tindak tutur tidak langsung literal, dan tindak tutur tidak langsung tidak literal, modus yang digunakan  antar tokoh dalam berimplikatur ialah modus memerintah, meminta, dan bertanya. Pemanfaatan konteks berimplikatur yang  dominan digunakan dalam peristiwa tutur dalam novel Surga Yang Tak Dirindukan meliputi konteks tempat, waktu, dan  situasi. Hasil penelitian ini diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahan ajar untuk peserta didik tingkat SMA kelas XII semester genap dengan Kompetensi Dasar 3.9  menganalisis isi dan kebahasaan novel.

Kata kunci : Implikatur percakapan, novel, implikasi pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Brown, Gillian dan George Yule. 1996. Analisis Wacana. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lismayana. 2015.ImplikaturPercakapan dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Bambu Kuning Bandar Lampung. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Universitas Lampung.

Rusminto,Nurlaksana Eko. 2015. Analisis Wacana: Kajian Teoritis dan Praktis.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Soewadji, Jusuf. 2012. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Dasar-Dasar Psikosastra. Bandung: Angkasa

Wijana, I D. P. dan Muhammad Rohmadi. 2010. Analisis Wacana Pragmatik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Widyantoro. 2013. Implikatur Percakapan dalam Proses Belajar-Mengajar Bahasa Indonesia di Sma dan Implikasinya. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) : Universitas Lampung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.