Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata dan Implikasi Pembelajaran

Via Dilla Septika, Eka Sofia Agustina, Bambang Riadi

Sari


The problem of this research is how the character education values in the novel Sirkus Pohon and its implications for literary learning in high school. The purpose of this study is to describe the values of character education in the novel Sirkus Pohon and its implications for literary learning. The method used is descriptive qualitative. The results showed that the values of character education in the novel Sirkus Pohon are religious values, honest values, values of discipline, value of hard work, creative values, independent values, democratic values, values of curiosity, values of national spirit, values of patriotism. the value of respecting achievement, friendly or communicative value, the value of peace love, the value of love for reading, the value of social care, and the value of responsibility. Character education values in the novel Sirkus Pohon and its implications in the form of learning design in high school, which corresponds to basic competencies 3.9 and 4.9 in class XII.

Masalah penelitian ini bagaimanakah nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Sirkus Pohon dan implikasinya pada pembelajaran sastra di SMA. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Sirkus Pohon dan implikasinya pada pembelajaran sastra. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Sirkus Pohon adalah nilai religius, nilai jujur, nilai disiplin, nilai kerja keras, nilai kreatif, nilai mandiri, nilai demokratis, nilai rasa ingin tahu, nilai semangat kebangsaan, nilai cinta tanah air, nilai menghargai prestasi, nilai bersahabat atau  komunikatif, nilai cinta damai, nilai gemar membaca, nilai peduli sosial, dan nilai tanggung jawab. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Sirkus Pohon dan implikasinya berupa rancangan pembelajaran di SMA, yang sesuai dengan pada KD 3.9 dan 4.9 di kelas XII.

Kata kunci: nilai pendidikan karakter, novel, dan pembelajaran sastra.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Depdikbud. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Gunawan, Heri. 2017. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hirata, Andrea. 2017. Sirkus Pohon. Yogyakarta: PT. Bentang Pustaka.

Lestari, Lusy Tri. 2018. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Sang Pemimpi dan Pembelajarannya di SMA. Lampung: Universitas Lampung

Nurgiyantoro, Burhan. 1994. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Priyatni, Endah Tri, 2010. Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi Aksara.

Semi, Atar. 2012. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa Bandung.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Prinsi-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Bandung Angkasa.

Wariest, Yesi. 2015. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Tadarus Cinta Buya Pujangga dan Implikasinya. Lampung: Universitas Lampung


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.