Penokohan Novel Perawan Remaja Dalam Cengkraman Militer dan Rancangan Pembelajarannya di SMA

Kukuh Prasetyo, Munaris Munaris, Kahfie Nazaruddin

Sari


The problems in this research are the characterization in the novel Perawan Remaja dalam Cengkraman Militer by Pramoedya Ananta Toer and the lesson plan for senior high school. The purpose of this study are to describe the characterizations in the novel Perawan Remaja dalam Cengkraman Militer and the lesson plan for senior high school. The results of the study showed that the novel Perawan Remaja dalam Cengkraman Militer by Pramoedya Ananta Toer had six types of figures that have been found, which are main character, additional characters, protagonist, antagonist,developing figure, and typical figure. Each of characters played more than one type of character and weredepicted by the technique of dramatic depiction. Dramatic techniques were described through the techniques of conversation, behavioral techniques, mind and feeling techniques, stream of consciousness techniques, character reactions, other character reactions, background painting techniques, and physical illustrations techniques.

Masalah dalam penelitian ini adalah penokohan dalam novel Perawan Remaja dalam Cengkraman Militer karya Pramoedya Ananta Toer dan rancangan pembelajaran untuk SMA. Tujuan penelitian ini Mendeskripsikan penokohan dalam novel Perawan Remaja dalam Cengkraman Militer dan merancang pembelajannya di SMA. Hasil penilitian menunjukan bahwa novel Perawan Remaja dalam Cengkraman Militer karya Pramoedya Ananta Toer memiliki enam jenis tokoh yang telah ditemukan yaitu tokoh utama, tokoh tambahan, tokoh protagonis, tokoh antagonis, , tokoh berkembang, tokoh tipikal. Setiap tokoh memerankan lebih dari satu jenis tokoh dan digambarkan dengan teknik pelukisan tokoh secara dramatik. Teknik dramatik digambarkan melalui teknik cakapan, teknik tingkah laku, teknik pikiran dan perasaan, teknik arus kesadaran, teknik reaksi tokoh, teknik reaksi tokoh lain, teknik pelukisan latar, dan teknik pelukisan fisik.

Kata kunci: jenis-jenis tokoh, teknik pelukisan tokoh, rancangan pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Adhitya, Dea. 2012. Metode Pembelajaran Berbasis Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kosasih, E . 2012. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Purba, Antilan. 2012. Sastra Indonesia Kontemporer. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahmanto, B. 2013. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Aditya. Kanisius.

Semi, M Atar. 2012. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa Bandung.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa Bandung.

Toer, Pramoedya Ananta. 2016. Perawan Remaja Dalam Cengkraman Militer. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.