KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMPN 21 BANDAR LAMPUNG 2012/2013

Rengga Purna Yuda, Mulyanto Widodo, Eka Sofia Agustina

Sari


The research problem is the news text writing ability base on school area observation of the grade eight students at SMPN 21 Bandarlampung in 2012/2013. The objective is to describe news text writing ability base on school area observation. Descriptive method is used in this research. The population number consist of 307 students that distributed in 8 classes. The sample of this research is 15% taken from number of population, hence 48 students are selected randomly as sample. The writer asked students to write news text base on their own observation of the rules that are determined by the writer in 90 minutes.  According to result, it is know that the news text writing ability base on school area observation of the grade eight at SMPN 21 Bandarlampung in 2012/2013 is categorized enough with average score of 70,95.

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis teks berita berdasarkan pengamatan pada lingkungan sekolah siswa kelas VIII SMPN 21 Bandarlampung 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks berita berdasarkan pengamatan pada lingkungan sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi berjumlah 307 siswa yang tersebar dalam 8 kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 15% dari jumlah populasi sehingga sampelnya berjumlah 48 siswa. Siswa ditugaskan menulis teks berita berdasarkan pengamatan mereka sendiri dengan memperhatikan ketentuan yang telah ditentukan oleh penulis dalam waktu 90 menit. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kemampuan menulis teks berita berdasarkan pengamatan pada lingkungan sekolah siswa kelas VIII SMPN 21 Bandarlampung 2012/2013 tergolong dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 70,95.

Kata kunci: kemampuan, menulis, teks berita


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Nawawi, Hadari dan Mimi Martini. 1996. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Tarigan, Henry Guntur.1994. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.