Penggunaan Bahasa Persuasi Iklan Komersial di Televisi dan implikasinya di SMP

Fatia Maulina, Mulyanto Widodo, Nurlaksana Eko Rusminto

Sari


The language of persuasion in advertising basically has a nature that aims to inform, persuade, invite, advise, and even influence consumers to be interested to follow the willingness of producers. This paper describes the use of language persuasion on commercial advertising on television with descriptive qualitative research methods, observation data collection techniques and documentation, tagmatic analysis techniques with indicators based on the nature of language persuasion. The results of this study indicate the existence of four types of language nature of persuasion is the invitation, suggestion or suggestion, command, and assert. Some properties of persuasion language are also influenced by intonation and pressure. The result of this research can be implicated as teaching material and teacher learning media in teaching material of presentation pattern and advertisement language, slogan or poster in Grade VIII odd semester, that is found in Core Competence 3, Basic Competence 3.4 2013 curriculum revision year 2017 Indonesian lesson.

Bahasa persuasi pada iklan pada dasarnya memiliki sifat yang bertujuan untuk memberi informasi, membujuk, mengajak, memberi saran, bahkan memengaruhi konsumen agar tertarik untuk mengikuti kemauan produsen. Artikel ini mendeskripsikan penggunaan bahasa persuasi pada iklan komersial di televisi dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi, teknik analisis tagmatik dengan indikator berdasarkan sifat bahasa persuasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya empat jenis sifatĀ  bahasa persuasi yaitu ajakan, anjuran atau saran, perintah, dan menegaskan. Beberapa sifat bahasa persuasi dipengaruhi pula oleh intonasi dan tekanan. Hasil dari penelitian ini dapat diimplikasikan sebagai bahan ajar dan media pembelajaran guru dalam membelajarkan materi pola penyajian dan kebahasaan iklan, slogan atau poster pada kelas VIII semester ganjil, yaitu terdapat pada Kompetensi Inti 3, Kompetensi Dasar 3.4 kurikulum 2013 revisi tahun 2017 pelajaran Bahasa Indonesia.

Kata kunci : bahasa persuasi, iklan, bahan dan media pembelajaran


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Astutik, Rani. 2013. Analisis Ungkapan Persuasif Dalam Iklan Katalog Oriflame Edisi September dan Oktober 2012. Electronic Theses and Dissertations: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Hikmat, Ade dan Nani Solihati. 2013. Bahasa Indonesia (untuk Mahasiswa S1 & pascasarjana, Guru, Dosen, Praktisi, dan umum). Jakarta: Grasindo

Kasali, Rhenald. 2007. Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti

Keraf, Gorys. 2003. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramdia Pustaka Utama

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muslich. Masnur. 2014. Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Penida, Vicha. 2013. Bahasa dan Ideologi Iklan Air Mineral Aqua dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelaarannya): Universitas Lampung

Pike, Kenneth L. 1982. Linguistics Concepts. Penerjemah Kentjanawati Gunawan. Judul Konsep Linguistik:Pengantar Teori Tagmemik. 1992.Jakarta:PT Gelora Aksara Pratama

Suladi. 2016. Paragraf. Jakarta: Pusat Pembinaan

Suparno, dan Muhammad Yunus. 2009. Keteranpilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.