Jenis, Struktur, dan Pola Pengembangan Paragraf Buku Teks Bahasa Indonesia dan Implikasinya

Devi Fitriani, Iing Sunarti, Bambang Riadi

Sari


This research describes the type, structure, and pattern of paragraph development in the text in Indonesian VII textbooks of Junior High School/Madrasah Tsanawiyah VII class of education and its implications for learning in junior high school. Data collection techniques used are documentation techniques. The results showed by type of paragraph, the most commonly found paragraph that is the deductive paragraph and the fewest paragraph with the main idea spread. Based on the structure of the paragraph, the most likely possibility is the sixth possibility and the least possible fourth. There is also a possibility that is not found the first possibility and the second possibility. Based on the pattern of paragraph development, the most common pattern of development was the pattern of illustration development and the least was the pattern of developing the illustration. The results of this study can be implicated in the text material description class VII curriculum 2013 that is KD 3.2.

Penelitian ini mendeskripsikan jenis, struktur, dan pola pengembangan paragraf pada teks bacaan dalam buku teks bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII terbitan kemendikbud dan implikasinya terhadap pembelajaran di SMP. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan jenis paragraf, paragraf yang paling banyak ditemukan yaitu paragraf deduktif dan yang paling sedikit paragraf dengan ide pokok menyebar. Berdasarkan struktur paragraf, kemungkinan yang paling banyak ditemukan yaitu kemungkinan keenam dan yang paling sedikit yaitu kemungkinan keempat. Terdapat pula kemungkinan yang tidak ditemukan yaitu kemungkinan pertama dan kemungkinan kedua. Berdasarkan pola pengembangan paragraf, pola pengembangan yang paling banyak ditemukan yaitu pola pengembangan ilustrasi dan yang paling sedikit yaitu pola pengembangan perulangan. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada materi teks deskripsi kelas VII kurikulum 2013 yaitu KD 3.2.

Kata kunci: paragraf, jenis, struktur, pola pengembangan

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Apriyanti, Reni. 2015. Struktur Paragraf Deduktif Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Siswa SMP/MTs Kelas VII Bandar Lampung Terbitan Kemendikbud. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya): Universitas Lampung.

Mustakim. 1994. Membina Kemampuan Berbahasa: Panduan ke Arah Kemahiran Berbahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, Lexy J. 2011. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suladi. 2016. Paragraf. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud.

Tarigan, Djago. 2008. Menulis Paragraf dan Pengembangannya. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Widjono Hs. 2007. Bahasa Indonesia : Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Grasindo.

Winda Ulvia, Citra. 2015. Pola Pengembangan Paragraf Pada Teks Bacaan Dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs Terbitan Kemendikbud. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya): Universitas Lampung.

Wiyanto, Asul. 2004. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: PT Grasindo Anggota Ikapi.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.