Makna dalam Slogan Lalu Lintas di Bandarlampung dan Implikasinya di SMP

Sri Rahayu, Siti Samhati, Farida Ariyani

Sari


The purpose of this study was to describe the meaning of the slogan Traffic in Bandarlampung January-February 2018 and its implications in junior high school.The method used is qualitative descriptive method. Data analysis technique in this research was an analysis by describing the state of the object as it is. The results of this study show the meaning in the traffic slogan at Bandarlampung and its implications in junior high school. In determining meaning, researchers used the exposure of objects ie, direct and indirect techniques. Both are used to give an idea of the meaning of slogan in Bandarlampung. Based on the above opinion, the researcher has made the learning plan for the purpose of learning on the students, so that students can know the meaning as one of the elements of the builder.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan makna slogan Lalu Lintas di Bandarlampung Januari-Februari 2018 serta implikasinya di SMP. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis dengan memaparkan keadaan objek sebagaimana adanya. Hasil penelitian ini menunjukan makna dalam slogan lalu lintas di Bandarlampung dan implikasinya di SMP. Di dalam menentukan makna, peneliti menggunakan pemaparan objek yakni, teknik langsung dan tidak langsung. Keduanya digunakan untuk memberikan gambaran mengenai makna slogan di Bandarlampung. Berdasarkan pendapat diatas, peneliti telah membuat rancangan pembelajaran untuk tujuan pembelajaran pada siswa, agar siswa dapat mengetahui makna sebagai salah satu unsur pembangun.

Kata kunci: denotatif, konotatif, slogan


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arsyad, Azhar. 1996. Media Pembelajran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Chaer, Abdul. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Djajasudarma, Fatimah. 2013. Semantik 2 (Relasi Makna, Paradigmatik, Sintagmatik, dan Derivasional). Bandung: Revika Aditama.

Keraft, Gorys. 2009. Diksi dan Gaya Bahasa, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Margono,s. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Pateda, Mansoer. 2002. Semantik Leksikal.

Nurdiyanto,Jawan. 2011. Diksi Iklan Pada Papan Reklame Di Jalan Proklamator BandarJaya Lampung Tengah 2010 Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran di SMP. Jurnal Kata (Bahasa Sastra, Pembelajaranya): Universitas Lampung.

Saputri, Amelia. 2017. Diksi Dalam Poster Berbasis Elektronik Di Youtube Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA. Jurnal Kata (Bahasa Sastra, Pembelajaranya): Universitas Lampung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.