Korelasi Pemahaman Kosakata dan Kemampuan Menulis Teks Argumentasi Siswa Kelas X SMA

Ulfa Ayu Rizmalia, Iqbal Hilal, Bambang Riadi

Sari


The purpose of this research was to find corellation between vocabulary understanding with argumentation text ability grade X students of SMA N 13 Bandar Lampung year 2017/2018. This research is used kuantitatif method. The result of the researh showed vocabulary understanding 72, included in sufficient criteria argumentation text writing ability is 67, included in sufficient criteria.The result of the data analysis by using prduct momet correlation, stational competation (0,741)> coefficient value from the table (0,254) , it means there is correlation between vocabulary understanding text writing . The result of this study is significant, therefore the hypothesis is accepted which states there is correlation between vocabulary understanding text writing ablity grade X students of SMA N 13 Bandar Lampung year 2017/2018.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada atau tidaknya hubungan pemahaman kosakata dengan kemampuan menulis teks argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan skor pemahaman kosakata berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata sebesar 72, dan skor kemampuan menulis teks argumentasi berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata sebesar 67,8. Nilai koefisien korelasi product moment yang diperoleh yaitu, rhitung sebesar (0,741) > rtabel (0,254). Berdasarkan hasil hitung tersebut hipotesis diterima, yaitu terdapat hubungan antara pemahaman kosakata dengan keterampilan menulis teks argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Dengan demikian semakin tinggi tingkat pemahaman kosakata siswa , maka semakin tinggi kemampuan menulis teks argumentasi yang mereka peroleh.

Kata kunci: argumentasi, kosakata, keterampilan,pemahaman


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi.2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Keraf, Gorys.2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Jakarta: PT Bumi Aksara

Sanusi, A.E. 1996. Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Bandar Lampung:Universitas Lampung

Septriyanti,Yesi.2012.Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Argumentasi Siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang: Universitas Padang.

Suladi. 2015. Paragraf. Jakarta: Pusat Pembinaan.

Sulasmi, Neneng.2013.Hubungan Penguasaan Kosakata dan Kemampuan Menyusun Kalimat Efektif dengan Keterampilan Menulis Eksposisi: J-SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran).

Tarigan, Guntur Henry.1994. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan. 1985. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.