Penyimpangan Penulisan dalam Bidang Morfologi pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP

Ahmad Pandu Maizaldi, Ali Mustofa, Bambang Riadi

Sari


The purpose of this study is to describe the deviation of writing in the field of morphology on essay description of students of class VII SMPN 22 Bandarlampung academic year 2017/2018. This research uses quantitative descriptive method. Samples were taken as many as 66 students. The results of this study indicate that in 66 essay description of students of class VII SMPN 22 Bandarlampung there is a deviation of writing morphology field deviation writing affixasi, reduplikasi, composing compound words. From 66 sample text description of class VII students SMPN 22 Bandarlampung which have been analyzed there are 109 deviations of writing morphology field with the percentage of deviation as much as 6.61% of total use of word as much as 1,648. The deviation is divided into 95 deviations affixation writing with percentage deviation of 7.45%, 13 deviation writing reduplikasi with percentage deviation of 5.93% and 1 deviation compound words with percentage deviation of 0.64%.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penyimpangan penulisan dalam bidang morfologi pada karangan deskripsi siswa kelas VII SMPN 22 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 66 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam 66 karangan deskripsi siswa kelas VII SMPN 22 Bandarlampung terdapat penyimpangan penulisan bidang morfologi, diantaranya adalah penyimpangan penulisan afiksasi, reduplikasi kata majemuk. Dari 66 sampel teks desrkipsi siswa kelas VII SMPN 22 Bandarlampung yang telah dianalisis terdapat 109 penyimpangan penulisan bidang morfologi dengan persentase penyimpangannya sebanyak 6,61% dari total penggunaan kata sebanyak 1.648. Penyimpangan tersebut terbagi atas 95 penyimpangan penulisan afiksasi dengan persentase penyimpangannya 7,45%, 13 penyimpangan penulisan reduplikasi  dengan persentase penyimpangannya 5,93% dan 1 penyimpangan penulisan kata majemuk dengan persentase penyimpangannya 0,64%.

Kata kunci: penyimpangan penulisan, bidang morfologi, karangan deskripsi.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Margasari Harsanti. 2014. Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Bidang Morfologi pada Karangan Siswa Kelas VII SMPN 1 Godong. Jurnal (Bahasa dan Sastra) Universitas Muhammadiah Surakarta

Nana Sudjana dan Ibrahim. 1995. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Jakarta: Rajawali press.

Ramlan, M. 2001. Morfologi : Suatu Tindakan Deskriptif. (Yogyakarta : C.V. Haryono)

Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.

Setyo N. Joko. 2017. Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Siswa SMAN 1 Bandar Sribawono Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Kata (Bahasa dan Sastra) Universitas Lampung.

Sukman. 2005. Menumbuhkan Budaya Menulis di Kalangan Siswa.

Buletin dan Pusat Pembukuan, Volume 11, Januari-Juni 2005.Jakarta: Pusat Perbukuan

Tarigan, Henry Guntur. 1987. Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangannya. Angkasa Bandung.

Tarigan, Henry Guntur, dkk. 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Angkasa Bandung.

Winarno Surakhmad. 1998. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: PT Tarsito.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.