Diksi pada Iklan Aplikasi di Youtube Publiksi Oktober-November 2017 dan Implikasinya di SMP
Sari
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan diksi iklan aplikasi di Youtube publikasi Oktober-November 2017 serta implikasinya di SMP. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis video. Hasil penelitian ini menunjukan diksi iklan aplikasi di Youtube publikasi Oktober-November 2017. Di dalam menentukan diksi iklan denotative atau konotatif, peneliti menggunakan pemaparan objek yakni, teknik langsung dan tidak langsung. Keduanya digunakan untuk memberikan gambaran mengenai diksi iklan di Youtube. Berdasarkan pendapat diatas, peneliti telah membuat rancangan pembelajaran untuk tujuan pembelajaran pada siswa, agar siswa dapat mengetahui watak sebagai salah satu unsur pembangun diksi.
Kata kunci: diksi, iklan, bahan ajar.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Keraf, Gorys. 2009. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Nurdiyanto, Jawan. 2011. Diksi Iklan Pada Papan Reklame Di Jalan Proklamator Bandar Jaya Lampung Tengah 2010 dan Implikasinya Dalam Pembelajaran di SMP. Jurnal Kata (Bahasa Sastra, dan Pembelajaranya): Universitas Lampung.
Parera, J. D. 1991. Teori Semantik (Edisi Kedua). Jakarta: Erlangga.
Rusminto, Nurlaksana Eko. 2009. Analisis Wacana Bahasa Indonesia. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Widyawati.2017. Diksi Pada Kuliah Umum Etika Prof. Dr. Franz Magnis Suseno S.J. Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Kata (Bahasa Sastra, dan Pembelajarannya): Universitas Lampung.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.