Struktur Kalimat Biografi Cut Nyak Din dan Implikasinya di SMA

Ulfa Mia Lestari, Sumarti Sumarti, Iing Sunarti

Sari


Correct sentence structure occupy function, category, and role. This research described about Cut Nyak Din biography by Muchtaruddin Ibrahim’s structure used qualitative descriptive method, documentation technique, and tagmatic data collection technique. The result of this research showed that structure based on function are subject, predicate, object, complement, and description. Each function is occupied by categories and roles. The most of categories and roles that occupy functions in CND is a sentence that has a subject with nominal phrase as actors, predicate with verbal phrase as deeds, object with nominal phrase as sufferer, complement with verbal phrases as tools, and description with prepositional phrases as places. It can be implicated as an example of teacher learning in learning biographical materials in class X, Basic Competence 3.15 on biography in the revised 2016 Indonesian language curriculum 2013.

Struktur kalimat yang benar menempati slot fungsi, kategori, dan peran semantis. Makalah ini mendeskripsikan struktur kalimat novel biografi Cut Nyak Din karya Muchtaruddin Ibrahim dengan desain penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dokumentasi, dan teknik analisis tagmatik. Hasil penelitian ini menunjukkan masing-masing fungsi ditempati oleh kategori dan peran. Kecenderungan kategori dan peran yang menempati fungsi dalam kalimat CND ialah kalimat yang memilik fungsi subjek dengan kategori frasa nominal dan memiliki peran semantis pelaku, fungsi predikat dengan kategori frasa verbal dan memiliki peran semantis perbuatan, fungsi objek dengan kategori frasa nominal dan memiliki peran semantis penderita, fungsi pelengkap dengan kategori frasa verbal dan memiliki peran semantis alat, serta fungsi keterangan dengan kategori frasa preposisional dan memiliki peran semantis tempat.Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan sebagai contoh pembelajaran guru dalam membelajarakan materi biografi pada kelas X, yaitu pada Kompetensi Inti 3, Kompetensi Dasar 3.15 biografi pada kurikulum 2013 pelajaran Bahasa Indonesia.

Kata Kunci  : fungsi, kategori, peran, struktur, biografi

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Andriana, Gita. 2015. Struktur Kalimat dalam Teks Anekdot pada Surat Kabar Tempo Edisi November 2014. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya): Universitas Lampung

Alwi, Hasan, dkk.. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Farida, Umi dan Siti Isnatun. 2013. Mahir Berbahasa Indonesia. Bogor: Yudhistira.

Kridalaksana, Harimurti. 2011. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Mulya, Septi Vina. 2017. Pembelajaran Menulis Teks Biografi Siswa Kelas VIII SMP Global Madani Bandar Lampung.Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya): Universitas Lampung.

Moleong, Lexy J.. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramlan, M.. 2005. Ilmu Bahasa Indonesia Sintaksis. CV Karyono: Yogyakarta

Suherli, dkk.. 2017. Bahasa Indonesia.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tarmini, Wini. 2013. Sintaksis Bahasa Indonesia. Bandarlampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.