Pendayagunaan Konteks dalam Percakapan Anak-Anak dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia

Aji Marhaban Bidzikrillah MSK, Mulyanto Widodo, Bambang Riadi

Sari


The purpose of this study is to describe the use of context in the conversation of children in TPA Ar-Rahman Bandarlampung and its implication to learning Indonesian in elementary school. This research uses qualitative descriptive research method. The result of the research shows that the utilization of context in the students' speech of Ar-Rahman Bandarlampung Landfill is spoken in various ways to support the success of the speech either directly or indirectly, either acknowledging, refuting, asking, enjoining or defending themselves. The results of this study are implicated in learning Indonesian in elementary school class II in basic competencies 3.1 Understanding the expression, invitation, command, rejection contained in the text of the story or song that describes the attitude of living in harmony and basic competencies 4.1 Imitate the phrase, invitation, command, rejection in the story or song children politely, with the theme of living in harmony and sub themes of living in harmony in society as the example in the class.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pendayagunaan konteks percakapan anak-anak di TPA Ar-Rahman Bandarlampung dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SD. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif  kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendayagunaan konteks tuturan murid TPA Ar-Rahman Bandarlampung dituturkan secara beragam untuk mendukung keberhasilan tuturannya baik secara langsung maupun tidak langsung, baik tindak tutur menolak, menyanggah, meminta, menyuruh, maupun membela diri. Hasil penelitian ini diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SD khususnya di kelas II pada KD 3.1 Memahami ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun dan KD 4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun, dengan tema hidup rukun dan sub tema hidup rukun di masyarakat sebagai contoh dalam pembelajaran di kelas.

Kata kunci: : percakapan, pendayagunaan konteks, implikasi.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Achmad dan Alek Abdullah. 2013. Linguistik Umum. Jakarta: Erlangga.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemendikbud. 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI): Mata Pelajaran Bahasa Indonesisa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Margono. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusminto, Nurlaksana Eko. 2010. Memahami Bahasa Anak-Anak. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Rusminto, Nurlaksana Eko. 2015. Analisis Wacana Kajian Teoretis dan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.