Musikalisasi Puisi sebagai Media Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Atas
Sari
The discussion of this research was the study of poetry musicalization as medium of literature learning in high school. In addition, the research was aimed to describe the relation of poetry musicalization to literature learning in high school. The research method used by the researcher was qualitative descriptive approach. Based on the research result it can be generated a conclusion in relation with the developing media on poetry musicalization as poetry appreciation learning media. Meanwhile, associated with the students needs with respect to the media of poetry musicalization, it can be seen that the students need an interesting and simple media, keep with the technological developments. The results of the research can be applied to the study of literature in Indonesian language subjects in high school.
Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran musikalisasi puisi sebagai media pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang keterkaitan musikalisasi puisi terhadap pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Atas. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan simpulan yang berkaitan dengan pengembangan media musikalisasi puisi sebagai media pembelajaran mengapresiasi puisi. Berkaitan dengan kebutuhan siswa terhadap media musikalisasi puisi bagi siswa SMA, diketahui siswa membutuhkan media yang sederhana, menarik dan mengikuti perkembangan teknologi, siswa membutuhkan media pembelajaran dengan menggunakan bahasa sederhana. Hasil penelitian dapat diimplikasikan pada pembelajaran sastra dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Kata kunci : musikalisasi puisi, pembelajaran
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pustaka Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Aminudin. 2004. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung : Sinar Baru.
Ari KPIN. 2008. Musikalisasi Puisi: Tuntunan dan Pembelajaran. Yogyakarta: Hikayat.
Faruk. 2014. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Pratama, Iswadi. 2015. Harakah Haru. Bandung. Nuansa Cendikia.
Waluyo, Herman. 1985. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Baribin, Raminah. 1990. Teori dan Apresiasi Puisi. Semarang: IKIP Semarang Press.
Jamalus. 1988. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Tt: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Joseph, Wagiman. 2005. Teori Musik I. Semarang: Unnes Press.
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2010. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah Edisi kesebelas. Bandung: Yrama Widya.
Ratna, Nyoman Kuta. 2013. Penelitian Sastra. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.