Karakterisasi Tokoh Cerpen Pengakuan Arya dan Sarpakenaka Karya Gunawan dan Rancangan Pembelajarannya

Fitri Dwi Mahardika, Edi Suyanto, Muhammad Fuad

Sari


The purpose of this study was to describe the characterization of the characters in the short story Pengakuan Arya and Sarpakenaka by Gunawan Maryanto and the design of learning in high school. The method used in this research was descriptive qualitative method. The results of the research indicated that the characterization of characters in the short story can be used as a reference in learning Indonesian. The characterizations contained in the excerpts of the dialogue in this short story include (1) characterization through dialogue, (2) characterization through the actions of characters, (3) characterization by character name, (4) characterization through character appearance, (5) characterization through author's speech. The results of the research can be used in the design of high school literary learning on short story materials in accordance with basic competence 3.9 analyzing the elements of short story builders in short story collection books.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan karakterisasi tokoh dalam cerpen Pengakuan Arya dan Sarpakenaka karya Gunawan Maryanto dan rancangan pembelajarannya di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa karakterisasi tokoh dalam cerpen dapat dijadikan referensi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Karakterisasi yang terdapat pada kutipan dialog dalam cerpen ini meliputi (1) karakterisasi melalui dialog, (2) karakterisasi melalui tindakan para tokoh, (3) karakterisasi menggunakan nama tokoh, (4) karakterisasi melalui penampilan tokoh, (5) karakterisasi melalui tuturan pengarang. Hasil penelitian dapat digunakan dalam rancangan pembelajaran sastra di SMA pada materi cerpen sesuai dengan KD 3.9 menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek.

Kata kunci: kumpulan cerita pendek, nilai sosial, dan rancangan pembelajaran


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Aminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Minderop, Albertine. 2005. Metode Karekterisasi Telaah Fiksi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013.Jakarta:Bumi Aksara.

Rusman.2014.Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Siswantoro. 2016. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suyanto, Edi.2012.Perilaku Tokoh Dalam Cerpen Indonesia. Bandarlampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.