AMANAT DALAM NOVEL-NOVEL HABIBURRAHMAN EL-SHIRAZY SERTA KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA

Uti Utari Mutiara, Edi Suyanto, Kahfie Nazaruddin

Sari


The research problem here is what are the main messages in the six novels of Habiburrahman El-Shirazy and how he present them. Hence, the aim of the research is to describe those messages and the technique used to present them, as well as their approprinteness to be used as teaching material. The research method used is descriptive qualitative method. The research result shows that messages in all Habiburrahman El-Shirazy’s novels are served by using implicit technique. All messages in novels by Habiburrahman El-Shirazy tell the issue about love and romance. The messages in Habiburrahman El-Shirazy’s novels are having good expediencies as the alternative teaching material of Indonesian literature in SMA because it fulfills the criteria for selecting literature learning material based on Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), character education, literature function (dulce et utile), language, psychology, and culture background aspects.

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana amanat utama dan teknik penyajian amanat yang terdapat dalam novel-novel karya Habibburahman El-Shirazy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui amanat utama dan teknik penyajian amanat dalam novel-novel Habibburahman El-Shirazy dan menilai kelayakannya sebagai alternatif bahan ajar sastra di Indonesia di Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa amanat dalam semua novel karya Habibburahman El-Shirazy disajikan dengan menggunakan teknik tidak langsung (implisit). Semua amanat dalam novel-novel karya Habibburahman El-Shirazy bergerak seputar cinta dan asmara. Amanat yang terkandung dalam novel-novel karya Habiburrahman El-Shirazy layak dijadikan sebagai alternatif bahan ajar sastra Indonesia di SMA ditinjau dari aspek KTSP, pendidikan karakter, fungsi sastra; dulce et utile, aspek bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya.

Kata kunci: amanat, novel-novel, pembelajaran sastra.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Esten, Mursal. 1984. Kesusastraan. Bandung: Angkasa.

Lestari, Tika Ayu. 2005. Tema dan Amanat Kumpulan Cerpen Lukisan Kaligrafi Karya A. Mustofa Bisri dan Kalayakannya Sebagai Bahan Ajar Sastra Indonesia Di Sekolah Menengah Atas (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Moleong, Lexy J. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nurgiyantoro, Burhan. 1998. Teori Pengkajian Sastra. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rahmanto, B. 2011. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Shirazy, Habiburrahman El. 2004. Ayat-ayat Cinta. Jakarta: Republika.

Shirazy, Habiburrahman El. 2005. Pudarnya Pesona Cleopatra. Jakarta: Republika.

Shirazy, Habiburrahman El. 2007. Ketika Cinta Bertasbih 1. Jakarta: Republika

Shirazy, Habiburrahman El. 2008. Ketika Cinta Bertasbih 2. Jakarta: Republika

Shirazy, Habiburrahman El. 2010. Bumi Cinta. Semarang: Author Publishing.

Shirazy, Habiburrahman El. 2011. Cinta Suci Zahrana. Jakarta: Ihwah Publishing House


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.