Kemampuan Berpidato Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Kotabumi dan Implikasinya

Haipa Novia Putri, Iing Sunarti, Siti Samhati

Sari


The purpose of this research is to desribe the ability of students speech in the first grade of SMAN 3 Kotabumi for 2016/2017 academic year and the implication in Indonesia language subjects in high school. The method used descriptive qualitative design. Data collection techniques in this research is documentation technique. Research data in the form of speech ability on the aspect of language and non language aspect which includes, the accurary of speech, intonation, choice of words, reasonable attitude (calm and not rigid), mimic or gestures, fluency, and mastery of the topic. The result of the research showed that the ability of students speech acquisition in the first grade of SMAN 3 Kotabumi for 2016/2017 academic year and the implication in Indonesia language subjects in high school overall included in enough category with an average value 65,5%. The result of this research can be implied in Indonesia language subject in senior high school.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpidato siswa kelas X SMA Negeri 3 Kotabumi tahun ajaran 2016/2017 dan implikasinya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah teknik dokumentasi. Data penelitian berupa kemampuan berpidato pada aspek kebahasaan dan non kebahasaan yang meliputi, aspek ketepatan ucapan, intonasi, pilihan kata, sikap yang wajar (tenang dan tidak kaku), mimik/ gerak-gerik, kelancaran, dan penguasaan topik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan kemampuan berpidato siswa kelas X SMA Negeri 3 Kotabumi tahun pelajaran 2016/2017 dan impikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA secara keseluruhan termasuk dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata 65,5%. Hasil penelitian ini dapat di implikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.

Kata kunci: kemampuan pidato, aspek kebahasaan, aspek nonkebahasaan.


Referensi


Arsjad, G. Maidar, Mukti US. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Depdikbud. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMA. Jakarta: Depdikbud.

Kundharu S dan St. Y. Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Moelong. Lexy. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nurgiantoro, Burhan. 2001. Penelitian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia BPFE. Yogyakarta

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Tarigan, Henry Guntur. 1987. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.