Pengelolaan Kelas oleh Guru Bahasa Indonesia di Kelas VII K
Sari
The purpose of this research was to describe the class management by Indonesian Language teacher in class VII K of Junior High School 8 Bandar Lampung year 2017/2018. In relation with the concern, this research was intended to describe, create and maintain the condition of the class in order to achieve optimal learning. The method that is used is qualitative. The sources of the data in this research are how the teacher create the condition of the class to achieve optimal learning and how the teacher maintain the condition of the class to obtain the optimal learning. The result showed that the class management by Indonesian Language teacher had been implemented properly, teacher with the competence is able to manage the class optimal to achieve the effective learning by the way of two processes that are; creating the class condition to achieve the effective learning and maintain the condition of the class to obtain the effective learning.
Tujan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengelolaan kelas oleh guru Bahasa Indonesia di kelas VII K SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018. Sehubungan dengan itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas untuk mencapai pembelajaran yang optimal. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini terdiri atas bagaimana guru menciptakan kondisi kelas untuk mencapai pembelajaran yang optimal, dan bagaimana guru mempertahankan kondisi kelas untuk mencapai pembelajaran yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas oleh guru Bahasa Indonesia sudah dilaksanakan dengan baik, guru dengan kemampuannya dapat mengondisikan kelas dengan optimal untuk mencapai pembelajaran yang efektif melalui dua proses yaitu menciptakan kondisi kelas untuk mencapai pembelajaran yang efektif dan mempertahankan kondisi kelas untuk mencapai pembelajaran yang effective.
Kata kunci: pengelolaan kelas, menciptakan kondisi kelas yang optimal, mempertahankan kondisi kelas yang optimal.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Arikunto, Suharismi. 1988. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Moeleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nawawi, Hadari.1989. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Jakarta: PT Gunung Agung.
Rohani, Ahmad. 2010. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suryani, Nunuk, dan Leo Agung. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta. Ombak Anggota IKAPI.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.