Naskah Drama Aeng Karya Putu Wijaya dan Implikasinya

Widyasni Amanda, Munaris Munaris, Ali Mustofa

Sari


The purpose of this research was to describe the intrinsic elements in drama 'Aeng' worked by Putu Wijaya as the implication for a literary learning material in senior high school. This research used qualitative method. The results showed that this drama script has intrinsic element that can be used as a literary material in high school. The intrinsic element has theme indicators, characters, characterizations, plots, backgrounds, languages, and commands. The results of the research can be implicated in the Indonesian literary learning in high school on drama material.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik dalam naskah drama Aeng karya Putu Wijaya dan implikasinya sebagai bahan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa naskah drama Aeng memiliki unsur intrinsik yang dapat dijadikan bahan ajar sastra di SMA. Unsur intrinsik memiliki indikator tema, tokoh, penokohan, alur, latar, bahasa, dan amanat. Hasil penelitian dapat diimplikasikan pada pembelajaran Sastra Indonesia di SMA pada materi drama.

Kata kunci: naskah drama Aeng, unsur-unsur intrinsik, dan implikasi.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Chaer, Abdul dan Agustina, Leoni. 2010. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta

Kosasih, Encang. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya

Margono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Ratna, Yoman Kutha. 2015. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu

WS, Hasanuddin. 2015. Drama Karya Dalam Dua Dimensi. Bandung: Angkasa Bandung


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.