Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Menulis Siswa Kelas X
Sari
Masalah dalam penelitian ini adalah hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar menulis siswa. Sehubungan dengan itu, tujuan penelitian ini adalah menguji hubungan motivasi belajar dengan prestasi menulis siswa kelas X. Untuk mencapai tujuan tersebut, pendekatan penelitian adalah kuantitatif menggunakan metode ex-post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas X. Sampel ini diambil secara cluster random sampling. Hasil penelitian ini memperoleh rerata motivasi belajar sebesar 77,8 dan prestasi belajar menulis sebesar 83,1. Hasil uji korelasi pearson diperoleh nilai rhitung sebesar 0,457, yang bermakna variabel X berkorelasi dengan variabel Y. Melalui koefisien uji regresi sebesar 20,9% dan persamaan regresinya Y= 59,139+0,194X. Dapat disimpulkan semakin tinggi motivasi belajar siswa, semakin tinggi prestasi belajar menulis yang mereka peroleh. Sebaliknya, semakin rendah motivasi belajar mereka, semakin rendah prestasi belajar menulis yang diperoleh.
Kata kunci: hubungan, motivasi belajar, prestasi menulis.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati, Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Makmun, Abin Syamsuddin. 2007. Psikologi Kependidikan. Jakarta: Rosda Karya.
Olivia, Femi. 2011. Tools For Study Skills Teknik Ujian Efektif. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Uno, Hamzah. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.