Efektivitas Teknik Pemberian Tugas Terhadap Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMK

Putri Gita Mardiani, Iqbal Hilal, Eka Sofia Agustina

Sari


The aim of this research was to test the effectiveness assigment technique toward the ability of writing explanation text the students in grade IX of SMK Negeri 1 Negerikaton. The approach in this research was quantitative with experiment method. By using cluster random sampling technique, samples obtained was the students in grade XI Computer and Network Engineering 1 (control) and 2 (experiment). The difference test result of pretest tested not difference because the initial capability both of them were homogen. The average pretest the experiment class was 51 and the control class was 55. The difference test result of pretest-posttest and posttest are tested differently. The average posttest the experiment class was 84 and the control class was 74. Therefore, assignment technique with group is more effective in learning of writing explanation text.

Tujuan penelitian ini adalah menguji efektivitas teknik pemberian tugas terhadap kemampuan menulis teks eskplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Negerikaton. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Dengan teknik cluster random sampling, sampel yang diperoleh yaitu kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan 1 (kontrol) dan 2 (eksperimen). Hasil uji perbedaan pretest teruji tidak berbeda karena kemampuan awal kedua kelas tersebut homogen. Rerata pretest kelas eksperimen sebesar 51 dan kelas kontrol sebesar 55. Rerata posttest kelas eksperimen sebesar 84 dan kelas kontrol sebesar 74. Hasil uji perbedaan pretest-posttest dan posttest teruji berbeda. Dengan demikian, teknik pemberian tugas secara kelompok lebih efektif dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi.

Kata kunci: efektivitas, menulis teks eksplanasi, teknik pemberian tugas.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Agustina, Eka Sofia. 2015. Potret Perencanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berdasarkan Kurikulum 2013 (Jurnal). Universitas Lampung: Unit Database dan Publikasi ilmiah.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, Nunuk dan Leo Agung. 2012. Strategi Belajar-Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.