Denouement dan Amanat Cerpen Pilihan Kompas 2014 dan Rancangan Pembelajaran Sastra di SMA

Retika Cahya Karnastuti, Kahfie Nazaruddin, Mulyanto Widodo

Sari


This research aimed to describe denouement and moral value in some short stories chosen by Kompas 2014 entitled Di Tubuh Tarra, dalam Rahim Pohon and literature lesson plan in the eleventh grade of senior high school. This research used qualitative descriptive method. The data source of this research was short story in the short story collection. Based on the data analysis, from 28 data sources that had been examined, it was found that fourteen short stories was closed-denouement and fourteen short stories was opened-denouement. Then, implicit moral value was found in 21 short stories and explicit moral value was found in seven short stories.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan denouement dan amanat pada kumpulan cerpen pilihan Kompas 2014 Di Tubuh Tarra, dalam Rahim Pohon dan rancangan pembelajaran sastra di SMA kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah cerita pendek dalam kumpulan cerpen tersebut. Berdasarkan hasil analisis data, dari 28 sumber data yang diteliti telah ditemukan empat belas cerpen dengan penyelesaian tertutup dan empat belas cerpen dengan penyelesaian terbuka.. Amanat tersirat ditemukan pada 21 cerpen dan amanat tersurat ditemukan pada tujuh cerpen.

Kata kunci: amanat, cerita pendek, denouement, rancangan pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abrams, M.H. & Geoffrey Galt Harpham. 2009. A Glossary of Literary Terms, Ninth Edition. Boston: Wadsworth Cengange Learning.

Esten, Mursal. 1987. Kesusastraan Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung: Angkasa.

Kompas. 2014.Di Tubuh Tarra, dalam Rahim Pohon. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012.Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Semi, M. Atar. 2012. Metode Penelitian Sastra. Bandung: CV Angkasa.

Suyanto, Edi. 2012. Perilaku Tokoh dalam Cerpen Indonesia. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.