Tindak Tutur Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia SMKN 4 Bandar Lampung

Juleha Juleha, Sumarti Sumarti, Bambang Riadi

Sari


This research was about the investigation of students speech act in learning Indonesian at grade X SMKN 4 Bandar Lampung. The objective of this research is to describe the kinds of students speech act in learning Indonesian as well as how the speech act used. Descriptive qualitative method was used in this research. The data are taken from speech act of students in grade X AK3 and X AK4 SMKN 4 Bandar Lampung academic year 2016/2017. The finding showed that students speech acts in learning Indonesian are assertives speech act (stating, reporting, mentioning); directives speech act (promising, swearing, and threatening); expressive speech act (praising, thanking, criticizing, insisting); and declarative speech act (deciding, cancelling, banning, allowing, apologizing).

Permasalahan dalam penelitian ini adalah tindak tutur siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas X SMK Negeri 4 Bandar Lampung. Dengan demikian, tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan jenis tindak tutur siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia, beserta kelangsungan tindak tutur tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari tindak tutur siswa kelas X AK3 dan X AK4 SMK Negeri 4 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui tindak tutur siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia berupa tindak tutur asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif. Tindak tutur asertif (mengatakan, melaporkan, dan menyebutkan); direktif (menyuruh, memohon, menuntut, menyarankan, dan menantang); komisif (berjanji, bersumpah, dan mengancam); ekspresif (memuji, mengucapkan terima kasih, mengkritik, menyelak); dan deklaratif (memutuskan, membatalkan, melarang, mengizinkan, memberi maaf).

Kata kunci: tindak tutur,kelangsungan tuturan dan jenis ekspresi tuturan.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Leech, Geoffrey. 1993. The Principles of Pragmatics. Alihbahasa. M.D.D. oka.Prinsip-PrinsipPragamatik. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong. Lexy J. 2012. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusminto, Nurlaksana Eko. 2015. Analisis Wacana Sebuah Kajian Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu

Rusminto, Nurlaksana Eko. 2010. Memahami Bahasa Anak-Anak. Bandar Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.